Show simple item record

dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorSLAMET, Berti Ria Novita
dc.date.accessioned2017-11-16T04:08:31Z
dc.date.available2017-11-16T04:08:31Z
dc.date.issued2017-11-16
dc.identifier.nim130210204044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83275
dc.description.abstractMata Pelajaran PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang mengutamakan pembentukan sikap pada diri siswa. Tujuan mata pelajaran Pkn adalah membentuk pribadi yang baik, yaitu warga negara yang tahu, mau, dan sadar akan hak dan kewajibannya. Metode pembelajaran merupakan salah satu hal yang memegang peranan penting. Guru harus memilih metode yang tepat agar mendapatkan keberhasilan proses pembelajaran. Pemilihan metode role playing merupakan salah satu metode yang membuat siswa menjadi aktif sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna bukan hanya mendengarkan dan mencatat saja, tetapi siswa diajak secara langsung untuk mempraktekkan tokoh yang ikut dalam organisasi yang ada di sekolah maupun masyarkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Pkn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukowono 04 Jember dimulai tanggal 09 Januari 2017 sampai 16 Februari 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus teridir dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan ; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar pada tahap pra siklus sebesar 53,23% (kategori cukup aktif), pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa sudah mengalami peningkatan sebesar 75,00% (kategori aktif), dan aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat sebesar 84,00% (kategori aktif). Hasil belajar pada pra siklus 59 (kategori kurang baik), pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 70,55 (kategori baik), dan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 81,97 (kategori sangat baik). Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V di SDN Sukowono 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Saran penelitian ini untuk guru kelas V di SDN Sukowono 04 Jember sebaiknya menjadikan metode role playing sebagai metode pembelajaran alternatif, khususnya dalam mata pelajaran PKn. Saran untuk kepala sekolah SDN Sukowono 04 Jember sebaiknya memotivasi guru yang lain untuk menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Saran untuk peneliti lain, sebaiknya menerapkan metode role playing pada pokok bahasan selain kebebasan berorganisasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah lainnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectROLE PLAYINGen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisaai pada Siswa Kela sV Di SDN Sukowono 04 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record