Show simple item record

dc.contributor.advisorKusno
dc.contributor.advisorKamsyakawuni, Ahmad
dc.contributor.authorRodifa, Yora Aziza
dc.date.accessioned2017-11-06T04:53:06Z
dc.date.available2017-11-06T04:53:06Z
dc.date.issued2017-11-06
dc.identifier.nim131810101051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83041
dc.description.abstractLampu duduk banyak digunakan untuk menghiasi dan menambah keindahan ruangan. Secara umum lampu duduk terdiri dari kap lampu dan badan lampu, dimana pada badan lampu terdapat lengan penyangga dan kaki penyangga. Dari segi geometris, model pembuatan lampu duduk yang telah ada pada umumnya masih monoton dan terbangun dari satu model potongan benda solid. Hal ini dapat dilihat dari produk industri lampu duduk masih sederhana dan teknik desain yang digunakan masih menggunakan cara konvensional. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan beragam bentuk desain lampu duduk yang variatif dari gabungan benda-benda geometri ruang. Dalam penelitian ini, modelisasi lampu duduk dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah membangun beberapa benda dasar sebagai komponen penyusun lampu duduk dari deformasi balok, tabung dan bola. Dalam hal ini mengoperasikan titik dan kurva kemudian membangun permukaan dengan lengkung atau menginterpolasikan kurva tersebut. Tahapan kedua adalah membangun beberapa benda dasar sebagai relief untuk permukaan datar kap lampu duduk dari segmen, elips dan lingkaran. Dalam hal ini mentransformasi benda dasar kemudian menginterpolasikan desain pola relief tersebut. Tahapan ketiga adalah merangkai beberapa beberapa benda-benda dasar komponen lampu duduk pada tiga jenis sumbu pemodelan. Dalm hal ini membagi sumbu menjadi tiga bagian sebagai sumbu tiap bagian kemudian mengisi bagian tersebut dengan komponen lampu duduk. Selanjutnya tahapan terakhir dilakukan programasi untuk memodelisasi lampu duduk tersebut dengan bantuan software Maple 13. Hasil penelitian ini mendapatkan tiga prosedur untuk memodelisasi lampu duduk, yang pertama prosedur untuk mendesain beragam bentuk komponen penyusun lampu duduk dari benda dasar balok, tabung, dan bola, dapat dilakukan prosedur sebagai berikut. Pertama, menetapkan titik-titik pada rusuk, kurva batas lingkaran atau diameter sisi atas dan sisi bawah balok, bola, dan tabung. Kedua, mengoperasikan titik-titik tersebut, yaitu: (a) menetapkan titik kontrol untuk memperbesar atau memperkecil jari-jari, (b) membangun segmen garis, kurva Elips atau kurva Lingkaran, dan (c) menginterpolasikan kurva tersebut sehingga menghasilkan bentuk komponen lampu duduk. Kedua untuk membangun pola relief pada permukaan datar kap lampu duduk dari beberapa benda dasar segmen garis, elips dan lingkaran, dapat dilakukan prosedur sebagai berikut. Pertama, mentransformasikan kurva, yaitu: (a) tangkai dari segmen garis atau kurva elips, (b) daun dari kurva elips, dan (c) bunga dari kurva lingkaran. Kedua, mentranslasikan lalu menginterpolasikan dua pola relief tersebut sehingga menghasilkan relief dengan karakter dasar: lengkung, miring, tumpuk. Ketiga untuk merangkai komponen penyusun lampu duduk hasil perlakuan (a) pada tiga jenis model sumbu yaitu satu sumbu pemodelan, dua sumbu pemodelan, dan tiga sumbu pemodelan, prosedurnya sebagai berikut. Pertama, membagi sumbu menjadi beberapa 3 segmen yang diperlukan sebagai sumbu bagian kaki penyangga, lengan penyangga dan kap lampu. Kedua, mengisi setiap bagian segmen sumbu tersebut dengan komponen penyusun lampu duduk. Ketiga, menempatkan pola relief pada permukaan datar kap lampu duduk sehingga menghasilkan model lampu duduk yang bervariasi dan memiliki pola reliefen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLampu Duduken_US
dc.subjectHasil Deformasi Benda Geometri Ruangen_US
dc.titleMODELISASI LAMPU DUDUK DENGAN PENGGABUNGAN HASIL DEFORMASI BENDA GEOMETRI RUANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record