Show simple item record

dc.contributor.advisorTRAPSILASIWI, Dinawati
dc.contributor.advisorKURNIATI, Dian
dc.contributor.authorJANNATASARI, Nindi Zakia
dc.date.accessioned2017-10-20T01:33:51Z
dc.date.available2017-10-20T01:33:51Z
dc.date.issued2017-10-20
dc.identifier.nimNIM130210101090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82362
dc.description.abstractPada penelitian ini dilakukan pengembangan soal-soal terbuka yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa pada materi matematika kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk berupa paket soal terbuka kemampuan berfikir tingkat tinggi (Kisi-kisi soal, Soal terbuka, Kriteria jawaban, dan Pedoman penilaian). Prosedur penelitian ini terbagi menjadi 4 tahapan, yakni preliminary, self evaluation, prototyping, dan fiel test. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen paket soal terbuka, lembar validasi, dan lembar uji keterbacaan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan metode tes dan metode uji keterbacaan. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis data validasi, analisis reliabilitas soal, analisis tingkat kesukaran soal, analisis daya pembeda soal, dan analisis hasil uji coba. Proses pengembangan soal terbuka kemampuan berfikir tingkat tinggi melalui 4 tahapan, yakni: (a) tahap preliminary (pendahuluan); (b) tahap self evaluation (analisis dan desain); (c) tahap prototyping (validasi, evaluasi dan revisi); dan (d) tahap field test (uji coba lapangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Hal tersebut berdasarkan uji validitas dengan nilai Va secara umum mencapai 4,27 dengan interpretasi valid. Uji reliabilitas didapat reliabilitas yang diujikan pada kelas VIII C dan VIII D berturut-turut adalah 0,7999 dan 0,8166 dengan interpretasi tinggi. Berdasarkan uji tingkat kesukaran didapat tingkat kesukaran soal terbuka yang diujicobakan pada kelas VIII C dan VIII D memenuhi kriteria tingkat kesukaran yang baik. Berdasarkan uji daya pembeda didapat butir soal nomor 1 yang gugur atau dibuang karena tingkat kesukarannya 0,0900 dengan interpretasi sangat buruk. Selain itu berdasarkan hasil uji coba juga diketahui bahwa secara keseluruhan siswa yang memiliki tingkat kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan kategori baik berjumlah 22 siswa (61,11 %) dari 36 siswa pada kelas VIII C dan 18 siswa (51,43 %) dari 35 siswa pada kelas VIII D.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210101090;
dc.subjectOPEN-ENDED PROBLEMen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGIen_US
dc.titlePENGEMBANGAN SOAL TERBUKA (OPEN-ENDED PROBLEM) PADA PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA SMP KELAS VIIIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record