Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharto
dc.contributor.advisorSusi Setiawani
dc.contributor.authorNurfadilah
dc.date.accessioned2017-10-10T04:27:40Z
dc.date.available2017-10-10T04:27:40Z
dc.date.issued2017-10-10
dc.identifier.nim130210101045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82042
dc.description.abstractBarisan dan deret merupakan salah satu pokok bahasan matematika yang diajarkan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) kelas IX Semester Genap. Pemilihan materi tersebut dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih kesulitan dalam memahami konsep pada materi barisan dan deret. Hal itu disebabkan karena siswa hanya menghafalkan rumus, tidak benar-benar memahami konsep dari materi tersebut. Pemahaman konsep adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa, agar siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan tanpa menghafalkan rumus saja. Pemahaman konsep sangat diperlukan bagi siswa yang sudah mengalami proses belajar. Pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa dapat digunakan untuk menyelesaikan yang ada kaitan dengan konsep yang dimiliki. Pemahaman konsep siswa tidak hanya sebatas mengenal tetapi siswa harus dapat menghubungkan satu konsep dengan konsep lain. Pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari tahap belajar Dienes. Tahap belajar Dienes adalah tahap belajar pemahaman konsep berbentuk permainan untuk pengajaran yang menarik minat dan perhatian siswa. Sebuah pembelajaran terhadap suatu konsep akan mudah dipelajari jika konsep tersebut diajarkan mulai dari hal-hal yang sederhana hingga kepada hal-hal yang kompleks. Dienes mengemukakan teori pembelajaran matematika berbentuk permainan yang memiliki 6 tahap belajar, yaitu bermain bebas, permainan, penelaahan sifat bersama, penyajian, penyimbolan, dan pemformalan. Tahap-tahap belajar Dienes, siswa dituntut untuk mengurutkaan sifat-sifat konsep dan kemudian merumuskan sifat-sifat baru konsep tersebut, sehingga siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan tanpa menghafalkan rumus saja. Penelitian ini dilaksanakan untuk menelaah siswa dalam memahami konsep matematika berdasarkan tahap belajar Dienes pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas IX-C SMP Nuris Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui soal tes pemahaman konsep dan wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil jawaban siswa saat tes pemahaman konsep dan hasil wawancara siswa yang dijadikan perwakilan. Hasil analisis data validasi soal tes pemahaman konsep dan wawancara menunjukkan nilai 𝑉𝑎 sebesar 2,83 dan dinyatakan valid. Untuk hasil validasi pedoman wawancara menyatakan bahwa semua pertanyaan pada pedoman wawancara telah mewakili semua indikator tahap belajar Dienes. Setelah itu, instrumen yang telah valid diujikan kepada subjek penelitian. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep dan wawancara, terdapat perbedaan pemahaman konsep yang dimiliki siswa pada setiap materi. Siswa memahami konsep matematika pada siswa dengan kategori pemahaman konsep tinggi cenderung dapat memenuhi semua tahap belajar Dienes pada materi barisan artimatika dan geometri. Namun, pada materi deret aritmatika dan geometri cenderung dapat memenuhi 5 tahap belajar Dienes. Siswa dengan kategori pemahaman konsep sedang cenderung dapat memenuhi 4 tahap belajar Dienes dan pada tahap kelima siswa hanya dapat menuliskan simbol-simbol matematika yang telah didapatkan, tetapi tidak dapat membangun rumus umum barisan dan deret menggunakan simbol-simbol yang telah diketahui. Siswa dengan kategori pemahaman konsep rendah cenderung dapat memenuhi 4 tahap belajar Dienes pada materi barisan dan deret aritmatika dan memenuhi 2 tahap belajar Dienes pada materi barisan dan deret geometri.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBarisanen_US
dc.subjectDereten_US
dc.subjecttahap Belajar Dienesen_US
dc.titlePROFIL SISWA MEMAHAMI KONSEP BARISAN DAN DERET BERDASARKAN TAHAP BELAJAR DIENES DI KELAS IX-C SMP NURIS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record