Show simple item record

dc.contributor.authorIndrawati
dc.contributor.authorSudarti
dc.contributor.authorSri Wahyuni
dc.date.accessioned2017-06-06T03:17:48Z
dc.date.available2017-06-06T03:17:48Z
dc.date.issued2017-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80159
dc.descriptionFakultas KIP Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jemberen_US
dc.description.abstractBahan ajar dapat didefinisikan sebagai uraian dari seperangkat materi yang disusun secara sistematik baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bahan ajar yang dikembangkan merupakan bahan ajar cetak yang dipegang oleh guru dan siswa. Pengambilan sampel penelitian ini adalah siswa Mts Bustanul ulum Panti Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian Research and Develpoment menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa baik yang diambil dari teknik tes maupun praktikum. Berdasarkan dari teknik tes diperoleh hasil 75% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dimana 7,5% memiliki kemampuan sangat kritis. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Penelitian Unggulan PT 2016en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesPenelitian Hibah Unggulan PT;2016
dc.subjectBahan ajaren_US
dc.subjectIlmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectBerpikir kritis.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOPI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DAERAH PERKEBUNAN KOPIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record