Show simple item record

dc.contributor.authorRIDHO CAHYA PRIATAMA
dc.date.accessioned2013-12-11T03:14:34Z
dc.date.available2013-12-11T03:14:34Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM060910291016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7998
dc.description.abstractDi Indonesia, tuntutan penyelenggaraan pelayanan pendidikan yang berazaskan “good governance” semakin menguat, terutama setelah bergulirnya era reformasi tahun 1998. Pemerintah telah membuat aturan persyaratan untuk menjadi guru. Dalam pasal 8 Undang Undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen menyebutkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Atas dasar adanya satu penyebab kurangnya mutu guru adalah kesejahteraan, maka pemerintah menerapkan kebijakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dengan adanya sertifikasi. Hal ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam sektor pendidikan dengan memberikan sertifikasi untuk pendidik. Hasil penelitian dan survey tentang pendidikan tersebut menunjukkan adanya kualitas pendidikan di Indonesia yang masih rendah. Rendahnya kesejahteraan guru yang mempunyai peran dalam membuat rendahnya kualitas pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru. Sertifikasi guru merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja seorang guru, Sehingga diharapkan semua guru harus memiliki sertifikat sebagai lisensi atau ijin mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru tersertifikasi di SDN Sumbersari I Jember tahun pelajaran 2010/2011. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN Sumber Sari I Jember. Waktu penelitian selama 1 bulan sejak bulan Oktober 2012 di SDN Sumber Sari I Jember populasi yang diambil oleh penulis adalah seluruh guru sebanyak 22 orang guru dan karyawan. Kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh peneliti adalah guru yang telah tersertifikasi sebanyak 14 orang guru terdiri dari 13 orang guru tersertifikasi wanita dan 1 orang guru tersertifikasi pria. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SDN Sumber Sari I. Hal ini variabel sertifikasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sertifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SDN Sumbersari I Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910291016;
dc.subjectSERTIFIKASI, KINERJA GURUen_US
dc.titlePENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SDN SUMBERSARI 1 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record