Show simple item record

dc.contributor.advisorSupranoto
dc.contributor.advisorWasiati, Inti
dc.contributor.authorDamayanti, Andriani
dc.date.accessioned2017-01-18T02:28:29Z
dc.date.available2017-01-18T02:28:29Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nim110910201014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78813
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat efisiensi PT. PLN Area Jember berdasarkan konsep Value For Money dalam peningkatan pelayanan pelanggan pada tahun 2010 hingga 2014 dengan membandingkan antara beban usaha jual beli tenaga listrik dan keseluruhan penerimaan pendapatan pada kegiatan jual beli tenaga listrik PT. PLN Area Jember yang kemudian dikaitkan dengan jumlah pelanggan PT. PLN Area Jember sebagai bentuk output dari perusahaan dalam upaya meningkatkan pelayanan pelanggan, hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki kinerja organisasi dalam meningkatkan kemampuan organisasi mencapai output yang optimal dan meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik. Pengukuran efisiensi pada PT. PLN Area Jember didasari oleh masih ada sekitar 16,7% daerah di Kabupaten Jember dan Lumajang yang belum menikmati layanan listrik, selain itu tidak adanya pengukuran kinerja menggunakan konsep value for money yang merupakan inti pengukuran kinerja pada organisasi pemerintah. Konsep value for money memiliki 3 elemen yakni ekonomis, efisiensi, dan efektivitas, dari ketiga elemen tersebut efisiensi merupakan hal penting karena efisiensi mampu menjelaskan bagaimana hubungan yang optimal antara biaya atau sumber daya serta manfaat atau hasil yang disampaikan melalui proses yang mengubah input melalui aktivitas kegiatan menjadi output yang diperlukan untuk memicu hasil (outcome) yang baik. Berkaitan dengan pengukuran efisiensi kegiatan operasional jual beli tenaga listrik, menujukkan fakta bahwa kondisi keuangan PT. PLN Area Jember berfluktuatif salah satunya 9 9 dipengaruhi oleh besarnya subsidi. Sebagai sebuah BUMN PT. PLN Area Jember memiliki tujuan untuk memenuhi kehidupan masyarakat secara luas tanpa mencari keuntungan, kalaupun memperoleh keuntungan dimanfaatkan untuk mensejahterakan rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Definisi operasional variabel pada penelitian ini yaitu variabel efisiensi yang diukur menggunakan rasio antara realisasi biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan dari data beban usaha dan realisasi penerimaan pendapatan dari data keseluruhan pendapatan usaha tenaga listrik yang terdapat pada laporan keuangan PT. PLN Area Jember. Lokasi penelitian adalah PT. PLN Area Jember yang beralamat di Jalan Gajah Mada Nomor 198, Kabupaten Jember. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder dan jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif efisiensi dalam value for money. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengukuran tingkat efisiensi PT. PLN Area Jember dalam peningkatan pelayanan pelanggan pada tahun 2010 hingga 2014 menunjukan kriteria dan tingkat yang berbeda-beda, dimulai dari kriteria “sangat efisien” tahun 2011 dengan persentase 54,28% dan dengan pencapaian pelanggan sebesar 100,54%. Kriteria “Efisien” pada tahun 2012 dan 2014 dengan persentase sebesar 63,88% dan 79,11% dengan pencapaian pelanggan sebesar 104,20% dan 97,32%. Kriteria “Cukup Efisien” pada tahun 2013 dengan persentase 99,05% dan dengan pencapaian pelanggan sebesar 99,68%. Kriteria “Tidak Efisien” pada tahun 2010 dengan persentase 162,4% dan dengan pencapaian pelanggan sebesar 103,28%. Dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan tingkat efisiensi pada PT. PLN Area Jember dalam peningkatan pelayanan pelanggan tahun 2010 hingga 2014 menunjukan bahwa PT. PLN Area Jember sudah maksimal dalam meningkatkan dan mempertahankan efisiensi dan dalam peningkatan pelayanan pelanggan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectVALUE FOR MONEYen_US
dc.subjectPELAYANAN PELANGGANen_US
dc.titlePENGUKURAN EFISIENSI PT. PLN AREA JEMBER BERDASARKAN KONSEP VALUE FOR MONEY DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record