Show simple item record

dc.contributor.advisorGianawati, Nur Dyah
dc.contributor.advisorPartono
dc.contributor.authorMuzaqi, Ahmad
dc.date.accessioned2017-01-18T01:36:07Z
dc.date.available2017-01-18T01:36:07Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nim120910301060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78783
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan aset komunitas yang di lakukan masyarakat pada MI Ar-rahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pengelolaan aset komunitas dalam bidang pendidikan pada MI Ar-rahman adalah dengan mengelola modal fisik berupa tanah wakaf pendidikan dan bangunan yang terdapat di tanah wakaf tersebut yaitu kelas bekas sekolah pararel dan musholla. Strategi yang dilakukan adalah dengan meminta izin dan menggandeng ahli waris dari aset fisik tersebut untuk turut serta dalam memperjuangkan pendidikan yang ada di daerah Sebanen. Selain itu strategi yang digunakan adalah dengan merenovasi bangunan yang ada di tanah wakaf tersebut sesuai kebutuhan yang diperlukan. Komunikasi dengan ahli waris tanah wakaf mempunyai peranan penting dalam megelola modal fisik. Selain modal fisik, beberapa jenis aset komunitas lain yang dikelola adalah modal finansial dengan strategi mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengumpulkan sumbangan untuk pembiayaan pembangunan MI Ar-rahman. Strategi yang digunakan adalah dengan mengajak masyarakat berkomunikasi terkait kebutuhan dan dana yang di butuhkan dalam proses pembangunan. Berawal dari kepercayaan dan kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan lembaga pendidikan yang memadai di daerah sebanen, maka masyarakat secara sukarela turut membantu membiayai pembangunan MI Ar-rahman. Selain bersumber dari sumbangan masyarakat, strategi untuk memenuhi pendanaan pembangunan juga dilakukan dengan cara mengakses modal finansial dari pemerintah berupa dana bantuan sosial pendidikan dari pemerintahan propinsi dan dana bantuan operasional sekolah. Aset lingkungan dengan memanfaatkan tumbuhan berupa kayu yang dapat digunakan untuk bahan pembangunan. pengeloaan modal lingkungan diawali dengan kondisi sekolahan MI Ar-rahman yang belum punya meja dan kursi untuk proses pembelajaran di kelas. Kemudian para pemuda dan tokoh berkomunikasi dengan masyarakat terkait kondisi tersebut sehingga masyarakat memberikan respon positif dengan menyumbangkan pohon-pohon mereka yang bisa digunakan untuk bahan pembangunan dan pembuatan bangku sekolah. Pengelolaan modal manusia dilakukan dengan strategi meminta dukungan dari tokoh masyarakat sekitar karena dengan dukungan dari tokoh masyarakat, maka akan mempermudah langkah para inisiator untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat Daerah Sebanen secara penuh. Kemudian strategi ini dilanjutkan dengan memberikan peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Pengelolaan modal sosial dalam pembangunan MI Ar-rahman berfungsi sebagai perekat antara kelompok masyarakat yang satu dengan yang lainnya untuk berpartisipasi. Dengan memanfaatkan kepercayaan, jaringan, serta norma yang ada, masyarakat secara suka rela bergotong royong dalam proses pembangunan MI Ar-rahman. Dalam proses pembangunan MI Ar-rahman, bentuk modal spiritual adalah mayoritas masyarakat daerah Sebanen beragama muslim. Hal tersebut kemudian dijadikan acuan utama untuk menetukan jenis pendidikan yang akan di bangun yaitu berupa lembaga pendidikan yang islami (Madrasah Ibtidaiyah).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectAset Komunitasen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titleSTRATEGI PENGELOLAAN ASET KOMUNITAS DALAM BIDANG PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Pada MI Ar-rahman Di Dusun Kepel Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record