Show simple item record

dc.contributor.authorHerawati, Yennike Tri
dc.date.accessioned2016-10-04T08:05:31Z
dc.date.available2016-10-04T08:05:31Z
dc.date.issued2016-10-04
dc.identifier.issn1829-7773
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77195
dc.description.abstractRumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan pada dasarnya adalah untuk menyelamatkan pasien, keselamatan pasien merupakan prioritas bagi pelaksanaan lima isu penting tentang keselamatan di rumah sakit, karena masalah keselamatan pasien berkaitan erat dengan kualitas dan citra rumah sakit itu sendiri. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang sedemikian pesat menyebabkan pelayanan kesehatan di rumah sakit menjadi sangat kompleks sehingga jika tidak dilakukan dengan benar dan hati-hati akan berpotensi untuk terjadinya Insiden Keselamatan Pasien (IKP) yang terdiri dari Kejadian Tidak Diharapkan (KTD), Kejadian Nyaris Cedera (KNC), Kejadian Tidak Cedera (KTC) dan Kondisi Potensial Cedera (KPC) (Depkes,2006). Permasalahan keselamatan pasien di rumah sakit merupakan masalah yang memerlukan penanganan segera karena dapat mengakibatkan cedera langsung pada pasien.Berdasarkan laporan data insiden keselamatan pasien Rumah Sakit X di Kabupaten Jember 2011-2012 terjadi peningkatan insiden keselamatan pasien. Langkah pertama program keselamatan pasien di rumah sakit adalah dengan membangun budaya keselamatan pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian disktriptif yang bertujuan untuk menggambarkan budaya keselamatan pasien di rawat inap Rumah Sakit X Kabupaten Jember. Data dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam yang dilakukan terhadap 113 perawat sebagai responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator budaya keselamatan pasien untuk kerjasama di kategori baik, komunikasi di kategori baik, kepemimpinan dalam kategori cukup, pelaporan kategori cukup dan respon tidak menghukum juga kategori cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya perbaikan indikator kepemimpinan, pelaporan, dan respon tidak menghukum.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectkeselamtanen_US
dc.subjectBUDAYAen_US
dc.subjectperawaten_US
dc.titleBUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record