Show simple item record

dc.contributor.advisorIrvan, Muhtadi
dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.authorUTAMI, Ilma Mifta
dc.date.accessioned2016-08-16T01:53:23Z
dc.date.available2016-08-16T01:53:23Z
dc.date.issued2016-08-16
dc.identifier.nim120210204101
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76498
dc.description.abstractPendidikan IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat memberikan wawasan pengetahuan yang luas mengenai masyarakat lokal maupun global sehingga mampu hidup bersama-sama dengan masyarakat lainnya. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar memberikan pengetahuan dasar keterampilan sebagai media pelatihan bagi siswa sebagai warga negara sedini mungkin. Salah satu upaya untuk memenuhi tujuan pendidikan pada mata pelajaran IPS yaitu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan mudah. Pada kenyataannya, berdasarkan hasil dokumen, angket, dan wawancara awal dengan guru dan siswa bahwa proses pembelajaran IPS belum terlaksana dengan optimal. Terdapat beberapa kendala yang terdapat dalam proses pembelajaran misalnya kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPS, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, hingga hasil belajar siswa yang belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 05 Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan ran penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumen, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 55,7 meningkat pada siklus I sebesar 69,0 meningkat lagi menjadi 79,2 pada siklus II. Artinya motivasi belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 13,3%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,2%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 60,32 meningkat sebesar 6,51 menjadi 66,83 pada siklus I, dan meningkat lagi sebesar 7,81 menjadi 74,64 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya strategi pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar dapat menjadi alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa lebih optimal dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan penelitian lebih lanjuten_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPETA KONSEP BERBANTUANen_US
dc.subjectMEDIA GAMBARen_US
dc.subjectMOTIVASIen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS DI SDN JEMBER LOR 05 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record