Show simple item record

dc.contributor.authorDiah Ayu Safitri Ridwan
dc.date.accessioned2013-12-10T04:16:33Z
dc.date.available2013-12-10T04:16:33Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204174
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7389
dc.description.abstractHasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA melalui connected model berbasis PAKEM dapat memberikan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan connected model berbasis PAKEM pada siswa kelas V SDN Karangsono 4?; 2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan belajar IPA siswa melalui penerapan connected model berbasis PAKEM pada siswa kelas V SDN Karangsono 4?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui penerapan connected model berbasis PAKEM ; 2) untuk meningkatkan ketuntasan belajar IPA melalui penerapan connected model berbasis PAKEM. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangsono 4 Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada 2 siklus tersebut dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan belajar, berturut-turut menggunakan rumus: ix A Pa dan %100x N n E . %100x N Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II, secara berurutan yaitu 65,9% (kategori aktif) dan 86,4% (kategori sangat aktif). Dari analisis data hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal dan individu yaitu terdiri dari prasiklus sebesar 13,64% (kategori belum tuntas secara klasikal)dengan 3 siswa tuntas dan 19 siswa belum tuntas; siklus I sebesar 72,73% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 16 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas; dan siklus II sebesar 81,82% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 18 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan connected model berbasis PAKEM mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang aktif; (2) ketuntasan belajar IPA melalui penerapan connected model berbasis PAKEM dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Karangsono 4 Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Saran yang dapat saya sampaikan adalah: a) dalam melasanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai agar siswa memperoleh hasil belajar yang maksimal; b) memperhatikan bahwa peneliti ini memperoleh hasil yang positif, maka untuk guru kelas yang lain dapat menggunakan model pembelajaran lainnya yang sesuai dengan pembelajaran IPA yang akan disampaikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204174;
dc.subjectKETUNTASAN BELAJAR IPA MELALUI CONNECTED MODEL, PEMBELAJARAN AKTIFen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR IPA MELALUI CONNECTED MODEL BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA SDN KARANGSONO 4 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record