Show simple item record

dc.contributor.authorWijaya, Romi
dc.contributor.authorSri Widayati, Endang
dc.contributor.authorHusniah, Furoidatul
dc.date.accessioned2016-02-18T04:53:31Z
dc.date.available2016-02-18T04:53:31Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73326
dc.description.abstractNilai Didaktis dapat diartikan sebagai Nilai-nilai yang bersifat mendidik atau nilai yang memberi ajaran tentang kebaikan. Setiap karya sastra memiliki nilai-nilai didaktis yang terkandung didalamnya. Janger yang termasuk dalam drama tradisional memainkan cerita-cerita yang mengandung nilai didaktis yang disampaikan oleh sutradara kepada penonton. Nilai didaktis mengenai kerendahan hati dan kesederhanaan seorang ksatria yang rela berkorban demi bertemu dengan ayahnya merupakan nilai yang menarik dari cerita “Damarwulan Ngarit”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan rancangan kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dan segmen-segmen dialog yang mengindikasikan adanya tokoh dan tema, serta nilai-nilai didaktis yang terdapat pada rekaman video oleh Katulistiwa record dengan judul “Damarwulan Ngarit”. Pengumpulan data dalam penelitian ini, meliputi: simak catat dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, meliputi: reduksi, interpretasi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama adalah Damarwulan dan temanya tentang pengorbanan hidup seseorang demi mencapai sebuah cita-cita. Selain itu, juga dipaparkan nilai-nilai didaktis berdasarkan fungsinya, yakni nilai didaktis berkenaan dengan masalah hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi keberanian dan tanggung jawab, nilai didaktis berkenaan dengan masalah hubungan manusia dengan manusia meliputi cinta kasih dan rasa hormat, serta nilai didaktis berkenaan dengan masalah hubungan manusia dengan Tuhan meliputi percaya dan berserah diri kepada Tuhan. Seseorang yang memiliki nilai hubungan yang baik dengan diri sendiri, antarmanusia, dan dengan Tuhan akan menjadi pribadi yang berkualitas dan dapat dijadikan panutan bagi orang lain. Kesimpulan penelitian ini mejelaskan bahwa cerita “Damarwulan Ngarit” dalam Janger Purwo kencono mengandung nilai-niali didaktis yang dapat dijadikan keteladan bagi penonton.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectdamarwulanen_US
dc.subjectdrama tradisionalen_US
dc.subjectjangeren_US
dc.subjectnilai-nilai didaktisen_US
dc.titleNILAI-NILAI DIDAKTIS CERITA “DAMARWULAN NGARIT” KELOMPOK JANGER “PURWO KENCONO” KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record