Show simple item record

dc.contributor.advisorSuyadi, Bambang
dc.contributor.advisorAni, Hety Mustika
dc.contributor.authorABADI, KARUNIA
dc.date.accessioned2016-02-02T02:50:13Z
dc.date.available2016-02-02T02:50:13Z
dc.date.issued2016-02-02
dc.identifier.nim080210301049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73156
dc.description.abstractKreativitas dan Hasil Belajar belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari dalam pembelajaran IPS masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas VIII lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran IPS Terpadu menggunakan media sederhana (papan tulis) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media aplikasi komputer program FreeMInd menjadi perlu. Penggunaan media aplikasi komputer program FreeMInd diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki Kreativitas dan Hasil Belajar belajar yang tinggi. Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi komputer program FreeMInd untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari pada mata pelajaran IPS Terpadu standar kompetensi Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. 2) Meningkatkan Kreativitas siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari melalui penggunaan media aplikasi komputer program FreeMInd pada mata pelajaran IPS Terpadu standar kompetensi Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. 3) Meningkatkan Hasil Belajar belajar viii kelas siswa VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari melalui penggunaan media aplikasi komputer program FreeMInd pada mata pelajaran IPS Terpadu standar kompetensi Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk semester gasal tahun pelajaran 2015/2016.. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, penerapan tindakan, observasi guru dan siswa dan melakukan refleksi di akhir setiap siklus. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Kreativitas, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata Kreativitas belajar sebesar 1,96 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 2,485 (kategori tinggi). Hasil Belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar secara individu dari 36 Siswa 25 Siswa tuntas, 11 siswa tidak tuntas.dari ketuntasan klasikal prosentase ketuntasan 69%. Pada Siklus II Hasil belajar siswa mengalami ketuntasan belajar secara individu semua siswa dinyatakan tuntas dan ketuntasan Klasikal naik menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media aplikasi komputer program FreeMInd dapat meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru IPS Terpadu SMP Negeri 1 Mumbulsari bahwa, media aplikasi komputer program FreeMInd dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran, yang dapat digunakan untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar belajar siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKreativitas Siswa,en_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FREEMIND UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII.C pada Mata pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia di SMP Negeri 1 Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record