Show simple item record

dc.contributor.authorAAN SUGIAN ILMI
dc.date.accessioned2013-07-24T06:00:27Z
dc.date.available2013-07-24T06:00:27Z
dc.date.issued2013-07-24
dc.identifier.nimNIM060210301055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/721
dc.description.abstractKeberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang bersangkutan. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah partisipasi siswa di dalam pembelajaran. Untuk dapat mengetahui pengaruh partisipasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanggul Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanggul Jember Semester Genap ?, (2) Seberapa besar pengaruh varibel partisipasi siswa terhahadap prestasi belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh yang signifikan Partisipasi siswa terhadap perilaku Prestasi belajar Akuntansi siswa X AK SMK Negeri 1 Tanggul Jember Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa X AK SMK Negeri 1 Tanggul Jember Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan metode sample sebanyak 55 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Akuntansi. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan Nilai F-hitung sebesar 27,359 (p = 0,000) dan nilai F-tabel sebesar 4,023, maka F-hitung > F-tabel (27,359 > 4,023), berarti variabel partisipasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada pengaruh positif Partisipasi Belajar Siswa terhadap Prestasi belajar Akuntansi. Oleh karena itu, peneliti menyarankan, Hendaknya guru dapat membantu meningkatkan disiplin belajar siswa dengan cara memberi kesempatan kepada siswa untuk selalu bertanya mengenai materi yang dijelaskan dan siswa hendaknya langsung bertanya kepada guru jika susah mencerna materi yang diterangkan oleh guru di depan kelas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Kepada pihak sekolah untuk lebih menyediakan refrensi buku-buku akuntansi yang bervariasi agar dapat dipinjam oleh siswa dan guru perlu memberikan penugasan-penugasan yang menuntut siswa untuk mencari literatur lain, seperti penugasan kepada siswa untuk mencari soal-soal untuk dibawa ke forum diskusi kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301055;
dc.subjectPARTISIPASI SISWA, AKUNTANSIen_US
dc.titlePENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X-AK SMK NEGERI I TANGGUL PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record