Show simple item record

dc.contributor.authorMita Apriliya
dc.date.accessioned2013-12-10T02:33:16Z
dc.date.available2013-12-10T02:33:16Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204118
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7142
dc.description.abstractPendidikan Kewarganegaraan merupakan wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai individu dan anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti mengembangkan dan melestarikan nilai moral pancasila secara dinamis dan terbuka. Untuk itu diperlukan strategi maupun teknik khusus yang dapat membantu siswa memahami dan untuk berlatih mengamalkan nilai moral Pancasila dan budi pekerti yang dipelajari di sekolah. Berdasarkan hasil observasi di SDN 05 Genteng Banyuwangi terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn ini adalah dengan menggunakan teknik Mind Mapping pada pokok bahasan sistem pemerintahan tingkat pusat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 Genteng Banyuwangi dengan menggunakan teknik Mind Mapping,?Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswakelas IV dengan menggunakan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat di SDN 05 Genteng Banyuwangi. Hipotesis penelitian ini adalah jika guru menggunakan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan tingkat pusat, maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 Genteng Banyuwangi akan meningkat. Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Genteng Banyuwangi, Subjek penelitian, yaitu siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir siklus I dan II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2013- 6 April 2013. Hasil analisis dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus I mencapai 81,88% dan pada siklus II mencapai 87,92%. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 50% dan siklus II mencapai 80%. Berdasarkan perolehan data hasil belajar di siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 30%. Adapun saran yang diberikan dari kegiatan penelitian ini, yaitu bagi siswa hendaknya dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan bagi guru yang mempunyai permasalah yang sama hendaknya menggunakan teknik ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa..en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204118;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ,DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSATen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT DI SD NEGERI 05 GENTENG BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record