Show simple item record

dc.contributor.advisorSetyawan, Fendi
dc.contributor.advisorAndini, Pratiwi Puspito
dc.contributor.authorFARADIBA, LUPITA
dc.date.accessioned2016-01-13T03:42:06Z
dc.date.available2016-01-13T03:42:06Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim110710101243
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71247
dc.description.abstractIklan memegang peranan penting bagi pelaku usaha ( produsen ) untuk menunjang sekaligus meningkatkan usahanya. Melalui jasa periklanan pengusaha mencoba memancing dan membangkitkan minat ( animo ) konsumen, untuk membeli produk barang atau jasa. Disamping itu, konsumen pun memerlukan iklan sebagai salah satu alat informasi untuk mengetahui produk konsumsi yang mereka butuhkan. Hakikatnya iklan bagi konsumen merupakan janji dari semua pihak yang mengumumkanya. Pada kenyataanya iklan tersebut tidak membuktikan yang sebenarnya atas informasi dan/atau fakta muatan iklan yang menggambarkan selain informasi tentang produk juga mengandung ancaman dan/atau peringatan yang belum tentu sesuai dengan kenyataanya. Karena kematian bukanlah satu-satunya diakibatkan oleh perilaku merokok, tetapi banyak faktor yang mempengaruhi adanya penyakit atas kematian seseorang. Bisa jadi rokok hanya sebagai bagian dari penyebabnya, namun tanpa di sadari oleh masyarakat rokok juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan manusia misalnya merokok dapat mengurangi resiko penyakit Parkinson. Berdasarkan permasalahan di atas penulis tertarik untuk menganalisis dan menulis karya ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “ Perlindungan Konsumen Melalui Gambar Peringatan Dalam Iklan Rokok Ditinjau Dari Undang-undang No 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran Dan Undang-undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen “. Penulis merumuskan 3 (tiga) rumusan masalah sebagai berikut : pertama, Bagaimana pengaturan gambar peringatan dalam iklan rokok dikaitkan dengan pemberian Informasi yang benar dan jujur. kedua, Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha rokok, biro periklanan dan pemerintah terhadap iklan rokok yang menyesatkan konsumen. dan ketiga Upaya apa yang dilakukan konsumen jika tidak memperoleh informasi yang benar tentang bahaya merokok dari pelaku usaha rokok. Tujuan dari penulisan skripsi ini terbagi menjadi 2 (dua), yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum bersifat akademis. Tujuan Khusus adalah Untuk mengetahui dan memahami pengaturan gambar peringatan dalam iklan rokok apabila dikaitkan dengan pemberian Informasi yang benar dan jujur; Untuk mengetahui dan memahami tanggung jawab pelaku usaha rokok, biro periklanan dan pemerintah terhadap iklan rokok yang menyesatkan konsumen; Untuk mengetahui dan memahami upaya hukum yang dilakukan konsumen jika tidak memperoleh informasi yang benar tentang bahaya merokok dari pelaku usaha rokok. Metode pendekatan masalah yang digunakan dalam skripsi ini adalah Pendekatan Undang-Undang (statute approach ), dilakukan dengan menelaah semua undang-undang dan regulasi yang bersangkut paut dengan isu hukum yang sedang ditangani. Dan juga Pendekatan Konseptual (conceptual approach), pendekatan konseptual beranjak dari pandangan-pandangan dan doktrin-doktrin yang berkembang di dalam ilmu hukum. Pemberian informasi peringatan kesehatan pada kemasan rokok dan juga media perikalanan yang dilakukan oleh pemerintah untuk membatasi bahkan di indikasikan untuk membuat para konsumen rokok berhenti meromerupakan suatu tindakan yang diskriminatif, karena informasi peringatan kesehatan yang harus ditampilkan pada iklan perlu ditanyakan suatu kebenaran terkait dengan informasi tersebut. Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah, pengaturan gambar peringatan menjadi suatu permasalahan karena dirasa melanggar hak asasi manusia bagi konsumen rokok Saran dalam penyusunan skripsi ini adalah Kepada pemerintah untuk memberikan informasi terkait dengan informasi kesehatan yang sesuai dengan kebenaran, jangan hanya semata – mata memberikan informasi mengenai dampak buruk yang di akibatkan apabila merokok.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPERLINDUNGAN KONSUMENen_US
dc.titlePERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI GAMBAR PERINGATAN DALAM IKLAN ROKOK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 32 TAHUN 2002 TENTANG PENYIARAN DAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMENen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record