Show simple item record

dc.contributor.advisorIrvan, Muhtadi
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorHoiroh, Siti
dc.date.accessioned2016-01-08T05:33:48Z
dc.date.available2016-01-08T05:33:48Z
dc.date.issued2016-01-08
dc.identifier.nim110210204075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70783
dc.description.abstractGuru dituntut agar peka terhadap keadaan siswa serta mampu berinovasi untuk menerapkan berbagai strategi mengajar yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekolah dan kebutuhan siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas IV-A SDN Tanggul Wetan 04 Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan strategi yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan soalsoal yang diberikan kepada siswa juga masih mencakup C1 dan C2 saja. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Strategi Peta Konsep (Pohon Jaringan) berbantu Media Audio Visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah penerapan strategi peta konsep berbantu media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS melalui penerapan stategi peta konsep berbantu media audio visual pokok bahasan perkembangan teknologi siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanggul Wetan 04 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pembelajaran IPS melalui Penerapan Strategi Peta Konsep Berbantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui penerapan Strategi Peta Konsep Berbantu Media Audio Visual mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh observer, motivasi siswa pra siklus sebesar 47,62 meningkat pada siklus I sebesar 59,38% meningkat lagi menjadi 70,21% pada siklus II. Artinya motivasi siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,76, sedangkan dari silus I ke siklus II meningkat sebesar 10,83 %. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 58,45 meningkat menjadi 71,35 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 80,28 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Strategi Peta Konsep berbantu Media Audio Visual pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya Pembelajaran dengan menggunakan Strategi Peta Konsep Berbantu Media Audio Visual dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategi Peta Konsep Berbantu Media Audio Visualen_US
dc.subjectMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SDN TANGGUL WETAN 04 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record