Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.authorFirmalia, Qorimah Rizki
dc.date.accessioned2016-01-08T05:24:06Z
dc.date.available2016-01-08T05:24:06Z
dc.date.issued2016-01-08
dc.identifier.nim100210204052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70780
dc.description.abstractKondisi awal yang diperoleh peneliti dari hasil observasi, diketahui bahwa keterampilan berbicara pada siswa kelas III masih kurang optimal sehingga hasil belajar berbicara siswa masih rendah, serta belum pernah menggunakan media gambar berseri dalam proses pembelajaran berbicara. Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat dibuat rumusan masalah bagaimanakah penerapan media gambar berseri yang dapat meninggkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Sukowiryo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan berbicara siswa setelah diterapkan media gambar berseri pada kelas III SDN Sukowiryo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media gambar berseri yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III di SDN Sukowiryo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III melalui penerapan media gambar berseri di SDN Sukowiryo 02 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang jumlah keseluruhan 22 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 di SDN Sukowiryo 02 Jember dalam dua siklus. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar keterampilan berbicara siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan melalui penerapan media gambar berseri keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Sukowiryo 02 Jember tahun pelajaran 2014-2015 dapat dikatakan meningkat. setelah diterapan media gambar berseri dapat diketahui pada siklus I siswa yang memperoleh nilai kriteria sangat baik sebanyak 1 siswa atau 4,55% sedangkan pada siklus II sebanyak 10 siswa atau 45,46%. siswa yang memperoleh kriteria kurang pada siklus I sebanyak 3 siswa atau 13,36% sedangkan pada siklus II sebanyak 0 siswa atau 0,00%. dan siswa yang memperoleh nilai kriteria baik pada siklus I sebanyak 5 siswa atau 22,73% sedangkan pada siklus II sebanyak 8 siswa atau 36,36%, serta siwa yang mendapat nilai kriteria cukup pada siklus I sebanyak 13 siswa atau 59,09% sedangkan pada siklus II sebanyak 4 siswa atau 18,18%. Saran bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan dalam memilih media pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lainnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERIen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERBICARA SISWAen_US
dc.titlePENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN SUKOWIRYO 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record