PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN YOSORATI 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muchtar, Imam
dc.contributor.advisor Misno
dc.contributor.author Zahro, Nurvita Fatimatus
dc.date.accessioned 2016-01-08T05:21:42Z
dc.date.available 2016-01-08T05:21:42Z
dc.date.issued 2016-01-08
dc.identifier.other 110210204115
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70779
dc.description.abstract Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memerlukan kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas. Proses pendidikan diharapkan mampu mengembangkan sumber daya manusia yang berkarakter dan mampu menghadapi pesatnya perkembangan teknologi. Salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan pembentukan karakter bangsa adalah pendidikan kewarganegaraan. Melalui pembelajaran PKn peserta didik diharapkan mampu bertingkah laku sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat. Data dokumen nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa kelas V di SDN Yosorati 02 Jember mata pelajaran PKn tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PKn masih belum efektif Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PKn adalah pendekatan PAIKEM. Pendekatan PAIKEM memungkinkan siswa melakukan kegiatan beragam untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah siswa kelas V SDN Yosorati 02 Jember yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V SDN Yosorati 02 Jember yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Yosorati 02 Jember, dimulai tanggal 25 Mei 2015 sampai dengan 30 Mei 2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumlah siswa 24 dan kelas VB dengan jumlah siswa 20. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan pola pretest-postest control group design. Sebelum melaksanakan kegiatan penelitian, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki sebelum diberi perlakuan. Data uji homogenitas diperoleh dari nilai UTS siswa kelas V mata pelajaran PKn pada semester ganjil 2014/2015. Hasil penghitungan uji homogenitas menunjukkan nilai thitung = -0,104, kemudian nilai thitung tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel dengan db = 43 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,0189. Hasil tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,104 < 2,0189) sehingga tingkat kemampuan siswa kedua kelas adalah homogen. Selanjutnya kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan teknik undian dan diperoleh hasil kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji-t antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Hasil penghitungan uji-t diperoleh thitung = 2,232, harga ini kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan db = 43 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,0189. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,232 > 2,0189), sehingga hipotesis nihil (H0) yang berbunyi Siswa yang diajar dengan pendekatan PAIKEM tidak memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini siswa kelas V SDN Yosorati 02 Jember yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa pendekatan PAIKEM. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menerapkan pendekatan PAIKEM dalam proses pembelajaran di kelas, kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap sebagai penunjang dalam penerapan pendekatan PAIKEM dan peneliti lain hendaknya mengembangkan penelitian mengenai pendekatan PAIKEM dengan metode dan media pembelajaran lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.subject Penerapan Pendekatan PAIKEM en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN YOSORATI 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015 en_US
dc.type Undergraduat Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account

Context