Show simple item record

dc.contributor.authorLina Wahyuni
dc.date.accessioned2013-12-10T01:47:07Z
dc.date.available2013-12-10T01:47:07Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM110210204122
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7024
dc.description.abstractMenulismerupakankegiatanproduktif dan ekspresifdengan cara mengungkapkangagasan yang adadalampikirankedalambentuktulisan. Tujuan menulis di sekolah dasaragar siswamemilikikemampuanberkomunikasi secara efektif dan efisiensesuaidenganetika yang berlaku, baik lisan maupuntertulis. Harapanmenulis di sekolahuntukmeningkatkankemampuanintelektual, sertakematanganemosional dan sosial.Berdasarkan temuan dan permasalahan di SDN Antirogo 01 Jember Tahun Pelajaran 2012 -2013dalamprosespembelajaranmenulispuisi tidak dilaksanakan dengan baik karena guru hanya meminta siswa menyalin puisi dari buku paket sehingga siswa belum mampu menulis puisi. Oleh karena itu, salah satu cara pemecahan masalah diatasmelaluimedia lagu anak-anakyang diputar berulang-ulang digunakan untuk merangsang daya kreatifitas siswa dan dapat menciptakan suasana menyenangkan didalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Di samping itu, dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran menuli s puisi di SD pada umumnya berjalan sesuai harapan yakni belum menekankan pada kegiatan suatu proses menulispuisi. Perlu di upayakan suatu tindakan guna memecahkan permasalahan tersebut.Penelitianinidilaksanakan di SDN Antirogo 01 JemberTahunPelajaran 2012 - 2013denganjumlah 31 siswa dengan menggunakan model spiral.Metode pengumpulandata yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, wawancara, tes dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis puisi pada siswa kelas V SDN Antirogo 01 Jember Tahun Pelajaran 2012 –2013. Pada siklus I hasil menunjukkan 63,7 dan siklus II menunjukkkan hasil 70,5 dari hasil tersebut dapat diketahui telah terjadi peningkatan 6,8 atau 25,8 %. Nilai yang diperoleh siswa pada siklus II sudah memenuhi batas ketuntasan yaitu 65. Peningkatan nilai tes klasikal ini diikuti dengan nilai per aspeknya dan siswa tampak lebih bersungguh-sungguh dan aktif dalam proses pembelajaran berjalan lancar.Saran yang dapat diberikan adalahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110210204122;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA LAGU ANAK- ANAKen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA LAGU ANAK- ANAK PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SDN ANTIROGO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record