Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Sulthon
dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.authorWulandari, Rina Dwi
dc.date.accessioned2015-12-07T07:57:02Z
dc.date.available2015-12-07T07:57:02Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66944
dc.description.abstractTahun 2013 dimulai pembelajaran dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2103. Orientasi kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Sesuai dengan teori Gardner yang menyebutkan bahwa manusia mempunyai lebih dari satu intelegensi. Metode role playing merupakan metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan intelegensi siswa dan sesuai dengan orientasi kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya negeriku di SDN Karangrejo 03 Jember 2014/2015. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 03 Jember, dimulai tanggal 7 Januari 2015 sampai dengan 16 Januari 2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV-A dan kelas IV-B dengan jumlah siswa masing-masing kelas 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Pada penelitian ini, kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode role playing, sedangkan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan metode role playing (konvensional). Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil ulangan tema 3. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 20 dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji t diperoleh hasil sebesar -0,515 dengan db=60. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,000. Hasil tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (-0,515 < 2,000) sehingga tingkat kemampuan siswa kedua kelas adalah homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Nilai siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode role playing mempunyai rata-rata sebesar 17,25, sedangkan nilai siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional mempunyai nilai lebih rendah yakni rata-rata 11,22. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 20 sebesar 3,013. Kemudian dikonsultasikan dengan t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db=60. Diperoleh bahwa hasil tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 3,013 > 2,000 sehingga dapat dilihat bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan metode role playing dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya negeriku di SDN Karangrejo 03 Jember 2014/2015.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KARANGREJO 03 JEMBER 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record