Show simple item record

dc.contributor.authorPutu Agus Eka Wijaya
dc.date.accessioned2013-12-09T04:24:00Z
dc.date.available2013-12-09T04:24:00Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100903102005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6658
dc.description.abstractPariwisata adalah suatu proses yang dapat menciptakan nilai tambah terhadap barang dan jasa sebagai satu kesatuan produk, baik yang Nampak/nyata (tangible product) dan yang tidak tampak/tidak nyata (intangible product). Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial. Food and Beverage Department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta professional. Restoran adalah suatu tempat yang identik dengan jajaran meja-meja yang tersusun rapi, dengan kehadian orang, timbulnya aroma semerbak dari dapur dan pelayanan pramusaji, berdentingnya bunyi-bunyian kecil karena persentuhan gelas-gelas kaca, poselin, menyebabkan suasana hidup di dalamnya. Perkembangan dunia yang semakin maju dan modern ditambah dengan tingkat perbaikan ekonomi yang semakin tinggi desertai dengan makin banyaknya manusia yang keluar rumah untuk berbagai kesibukan menyebabkan industry restoran dapat berkembang pesat seperti sekarang ini. Banquet adalah pesta perjamuan untuk suatu perayaan khusus, disertai dengan acara makan dan minum bersama pada suatu tempat yang telah dibentuk sedemikian rupa yang disebut banc. Banquet sering digunakan di hotel-hotel, karena hotel memiliki kapasitas tempat yang memadai serta perlengkapan dan peralatan makan yang lengkap. Cara penghidangan dalam suatu Banquet pada umumnya menggunakan Buffet Service, American Service atau Russian Service tetapi cara penghidangan ini dapat berubah sesuai dengan permintaan pemesan. Royal Hotel and Lounge adalah sebuah usaha perhotelan yang berdiri pada tahun 2010 dan diresmikan pada tanggal 25 Agustus 2011 dengan nama CV bumiland. Pendirinya adalah seorang warga Negara Indonesia yang bernama Henry Wijaya yang lahir di Malang pada tanggal 05 Mei 1982. Sesuai dengan keputusan dinas perindustrian, perdagangan, dan energy sumberdaya mineral, Royal Hotel and Lounge terdaftar sebagai perusahaan perseorangan dengan nomor TDP 13.07.5.55.21801 pada tanggal 12 September 2011. Royal Hotel and Lounge merupakan hotel bintang 3 yang terletak di jalan karimata no 50 A dengan nomor telephone 0331-326677 fax 0331-326789. Lokasi yang sangat strategis di tengah kota Jember. Dekat dengan pusat kota dan memiliki akses yang mudah dari instansi-instansi vital yang ada di kota Jember. Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Nyata di Royal Hotel and Lounge dapat diketahui tentang fasilitas dan pelayanan Banquet yang ada pada Departement Food and Beverage yaitu pada bagian Banquet. Dengan demikian pelayanan yang sudah ada di Royal Hotel and lounge cukup sesuai dengan bidang layanan yang diberikan kepada tamu pada saat kegiatan event berlangsung. Namun dengan struktur organisasi yang belum ada di dalam bagian Banquet, maka peran personil di dalam melakukan pelayanan sangat penting karena apabila terjadi event yang bersamaan pelayanan bisa dilakukan dengan optimal sesuai dengan job discription masing-masing. Serta fasilitas yang cukup dan memadai apabila terjadi kegiatan yang bersamaan maka tidak terjadi kekurangan baik dari fasilitas peralatan, perlengkapan dan lain sebagainya. Kesan positif yang harus ada pada setiap Departemen khususnya bagian Banquet. Dengan adanya kerja sama yang baik antara karyawan dan atasan maupun pemilik hotel itu sendiri, maka pelaksanaan kegiatan kerja akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan karena suatu kerja sama yang baik akan mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Kerja sama dengan Departemen-Departemen lain juga sangat penting dan saling membutuhkan karena bagian Banquet tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya bantuan dan dukungan langsung maupun tidak langung dengan bagian-bagian lain yang ada di dalam hotelen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100903102005;
dc.subjectPELAYANAN BANQUET, ROYAL HOTEL AND LOUNGE JEMBERen_US
dc.titleFASILITAS DAN PELAYANAN BANQUET PADA FOOD AND BEVERAGE DEPARTEMEN DI ROYAL HOTEL AND LOUNGE JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [232]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record