Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, Dodi
dc.contributor.advisorPurwandari, Retno
dc.contributor.authorSari, Dewa Ayu Dwi Chandra Yadnya
dc.date.accessioned2015-12-02T07:21:31Z
dc.date.available2015-12-02T07:21:31Z
dc.date.issued2015-12-02
dc.identifier.nim112310101046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65867
dc.description.abstractHubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember; Dewa Ayu Dwi Chandra Yadnya Sari, 112310101046; 2015, 125 halaman, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Pendidikan keperawatan merupakan langkah awal di dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme perawat serta memberikan kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perawat profesional harus melewati dua tahap pendidikan yaitu tahap pendidikan akademik yang lulusannya mendapat gelar S. Kep dan tahap pendidikan profesi yang lulusannya mendapat gelar Ners (Ns). Mahasiswa selama menjalankan disiplin akademik atau pendidikan akademik nantinya akan mendapatkan teori dan konsep ilmu serta pengalaman mengenai profesi keperawatan. Teori dan konsep ilmu serta pengalaman belajar mengenai profesi keperawatan yang diperoleh mahasiswa dari tahap akademik ini akan membentuk persepsi positif ataupun negatif dan akan menghasilkan sikap yang hasilnya dapat terlihat dalam perilaku yang ditunjukkan. Banyaknya ilmu dan pengalaman mengenai profesi keperawatan yang diperoleh akan menimbulkan suatu penilaian atau persepsi yang berbeda dari masingmasing mahasiswa mengenai profesi keperawatan itu sendiri. Persepsi mahasiswa mengenai profesi keperawatan akan mempengaruhi motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan profesi Ners. Tujuan dan metode penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dengan motivasi melanjutkan pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 PSIK Universitas Jember yang berjumlah 128 mahasiswa. Teknik pengambilan x menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukaan mahasiswa memiliki persepsi negatif tentang profesi keperawatan sebanyak 52,6% dan mahasiswa memiliki persepsi positif tentang profesi keperawatan sebanyak 47,4%. Motivasi melanjutkan pendidikan profesi ners didapatkan mahasiswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 50,5% dan mahasiswa yang memiliki motivasi baik 49,5%. Pada mahasiswa dengan persepsi negatif dan memiliki motivasi kurang sebanyak 34,0%, sedangkan memiliki motivasi baik sebanyak 18,6%. Pada mahasiswa dengan persepsi positif dan memiliki motivasi kurang sebanyak 16,5%, sedangkan memiliki motivasi baik sebanyak 30,9%. Hasil uji statistik Chi Square menunjukan nilai p value 0,003 yang artinya p value lebih kecil dari nilai alpha (p < α) dengan nilai α = 0,05 sehingga Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dengan motivasi melanjutkan pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember. Persepsi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang. Persepsi mahasiswa yang negatif dapat menimbulkan kurangnya motivasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember, sebaliknya persepsi mahasiswa yang positif tentang profesi keperawatan juga dapat menimbukan motivasi baik mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan profesi ners. Mahasiswa diharapkan memiliki persepsi yang positif mengenai profesi keperawatan yang nantinya dapat meningkatkan motivasi dalam melanjutkan pendidikan profesi setelah lulus dari pendidikan akademik dan mendapat gelar S. Kep. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dengan motivasi melanjutkan pendidikan profesi ners di PSIK Universitas Jember. Saran penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi institusi pendidikan keperawatan untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan profesi ners, seperti memberikan informasi secara utuh tentang keperawatan dan gambaran program pendidikan profesi ners.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPROFESI KEPERAWATANen_US
dc.titleHUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI KEPERAWATAN DENGAN MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN PROFESI NERS DI PSIK UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record