Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, Dodi
dc.contributor.advisorPurwandari, Retno
dc.contributor.authorSantoso, Yunita Selly
dc.date.accessioned2015-12-01T07:58:16Z
dc.date.available2015-12-01T07:58:16Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim102310101055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65543
dc.description.abstractPerbedaan Kepuasan Perawat dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Berbasis Komputerisasi dan Manual (Studi di RS Paru dan RS Baladhika Husada Kabupaten Jember); Yunita Selly Santoso, 102310101055; 2015; xvii+160 halaman; Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Kemajuan IPTEK merupakan salah satu tantangan yang paling dirasakan perawat, khususnya pada sistem pendokumentasian asuhan keperawatan. Saat ini ada dua sistem pendokumentasian asuhan keperawatan, yaitu sistem pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual (Susanti, 2011). Kebijakan penggunaan sistem pendokumentasian asuhan keperawatan oleh rumah sakit dinilai sebagai langkah untuk meningkatkan kepuasan kerja perawat dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual. Penelitian ini menggunakan desain crossectional. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan tehnik simple random sampling dengan jumlah responden 30 perawat yang menggunakan pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan 30 perawat yang menggunakan pendokumentasian asuhan keperawatan manual. Data dianalisis menggunakan mann-whitney untuk mengetahui perbedaan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual (studi di RS Paru dan RS Baladhika Husada kabupaten Jember). Pengukuran kepuasan dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual menggunakan teori MSQ dimana peneliti mengambil 8 indikator dari 20 indikator kepuasan. Hal ini dilakukan karena kedelapan indikator, yaitu kecakapan, bentuk aktifitas, kemajuan dan perkembangan, bentuk kompensasi, rekan kerja, tanggung jawab, perasaan sosial, dan bimbingan serta bantuan teknis sudah mewakili aspek kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual. ix Hasil kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi terdapat 100% responden dalam kategori sangat puas. Sedangkan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan manual terdapat 100% responden dalam kategori sangat puas. Dapat dikatakan bahwa kedua hasil menunjukkan berada pada kategori sangat puas. Hasil uji statistik menunjukkan p value = 1,000 pada alpha 0,05 yang bearti Ha ditolak, maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan kepuasan kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi dan manual (studi di RS Paru dan RS Baladhika Husada kabupaten Jember). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi berada pada kategori sangat puas, yaitu sebanyak 30 perawat. Kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan manual berada pada kategori sangat puas, yaitu sebanyak 30 perawat. Hasil penelitian bahwa indikator kecakapan, bentuk aktifitas, kemajuan dan perkembangan, bentuk kompensasi, tanggung jawab, perasaan sosial, dan bantuan serta bimbingan teknis menunjukkan bahwa sebagian besar perawat berada pada kategori sangat puas. Indikator rekan kerja menunjukkan bahwa kepuasan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan berbasis komputerisasi berada pada kategori sangat tidak puas, sedangkan sebagian besar kepuasan perawat dalam pendokumentasian manual berada pada kategori tidak puas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah ditetapkan beberapa saran bagi layanan keperawatan, pendidikan keperawatan, instansi rumah sakit, dan penelitian selanjutnya. Khususnya saran untuk instansi rumah sakit agar menetapkan sistem pendokumentasian asuhan keperawatan yang tepat guna meningkatkan kepuasan bekerja pada perawat. Pemberian sosialisasi yang berkala agar kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan menjadi lebih baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEPERAWATANen_US
dc.titlePERBEDAAN KEPUASAN PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS KOMPUTERISASI DAN MANUAL (STUDI DI RS PARU DAN RS BALADHIKA HUSADA KABUPATEN JEMBER)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record