Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.authorMawaddah, Ainul Yulia
dc.date.accessioned2015-11-30T06:53:57Z
dc.date.available2015-11-30T06:53:57Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204120
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65102
dc.description.abstractGuru dituntut merealisasikan kemampuannya secara optimal dalam proses pembelajaran. Pemilihan strategi dalam proses pembelajaran IPS sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik dan lebih efektif, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil observasi awal yaitu data angket, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang diketahui, bahwa motivasi dan hasil belajar masih tergolong rendah. Guru belum mengoptimalkan metode yang telah digunakan, kurang memberikan pembelajaran yang inovatif, menyenangkan sehingga pembelajaran kurang berkesan dan bermakna. Berdasarkan permasalahan di lapangan, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan ix Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah perolehan skor rata-rata motivasi belajar dan hasil belajar siswa mencapai kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 47,1, meningkat menjadi 56,1 (kategori cukup) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 86,6 (kategori sangat tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 59,3 sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 60 (kategori cukup baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,1 (kategori sangat baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bagi guru kelas yaitu diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Torunament (TGT) dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Guru kelas sebaiknya memberikan varian baru, inovatif, serta kreatif dalam mengemas pembelajaran. Saran bagi peneliti lain yaitu hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TEMA PERMAINAN PADA SISWA KELAS III DI SDN YOSOWILANGUN LOR 01 LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record