Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.advisorZahroul F., Chumi
dc.contributor.authorAlfiyani, Novita
dc.date.accessioned2015-11-30T06:00:04Z
dc.date.available2015-11-30T06:00:04Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65080
dc.description.abstractSiswa usia sekolah dasar berada pada tahap berpikir operasional konkret. Mereka akan mudah memahami materi yang dapat dilihat dan dipelajari secara langsung. Akan tetapi, tidak semua materi di sekolah dasar merupakan materi yang bersifat konkret, misalnya saja pada mata pelajaran IPS, banyak sekali konsep abstrak yang disajikan khususnya konsep sejarah. Guru harus memilih pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan konsep yang abstrak ini sehingga menjadi lebih konkrit. Salah satunya dengan penggunaan media komik pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pengembangan media pembelajaran dalam bentuk komik pada mata pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia untuk kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran dalam bentuk komik pada mata pelajaran IPS sub pokok bahasan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yag digunakan mengacu pada model Penelitian dan Pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall tahun 2003 (dalam Gooch, 2012:86). Pada penelitian ini terdapat 7 tahap pengembangan media, yaitu (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap produksi/pelaksanaan pengembangan produk awal, (4) tahap validasi, (5) tahap revisi, (6) tahap uji coba, dan (7) tahap revisi akhir dan penyebaran. Pada penelitian ini tahap yang dilalui hanya sampai pada tahap uji coba. viii Hasil pengembangan yang diperoleh adalah media pembelajaran dalam bentuk komik detik-setik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Media tersebut telah dikategorikan baik karena telah memenuhi tiga kriteria, yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi oleh ketiga validator dengan masing-masing mencapai angka 81,87% oleh validator 1, 90% oleh validator 2, dan 70% oleh validator 3. Rata-rata nilai validasi dari ketiga validator sebesar 80,6% yang menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak; b) praktis, diperoleh dari hasil analisis angket pendapat siswa tentang komik yang menunjukkan bahwa presentase siswa yang memberikan respon positif adalah 97,05% dari siswa secara keseluruhan; c) efektif, diperoleh dari hasil analisis aktifitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Presentase aktivitas siswa pada saat belajar menggunakan media pembelajaran ini sebesar 88% yang menunjukkan kategori sangat tinggi, dan terdapat 82,35% siswa dari jumlah siswa secara keseluruhan yang mencapai skor minimal 60. Berdasarkan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran berbentuk komik ini, dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak digunakan oleh guru maupun siswa dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah sebagai bahan referensi untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang lainnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPS SUB POKOK BAHASAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA UNTUK KELAS V SDen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record