Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorMisno
dc.contributor.authorIrawanti, Fitria
dc.date.accessioned2015-11-30T04:27:39Z
dc.date.available2015-11-30T04:27:39Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210204057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65073
dc.description.abstractPermasalahan pembelajaran yang terjadi di lapangan adalah kemampuan berbicara siswa yang masih rendah. Berdasarkan observasi awal diketahui kemampuan berbicara siswa tergolong rendah. Mayoritas siswa mengalami kendala dalam pemilihan kata yang tidak baku dan penggunaan kalimat tidak berhubungan. Selain itu siswa yang pasif dalam pembelajaran membuat proses pembelajaran tidak kondusif. Guru juga hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan penugasan dan tidak menggunakan media pembelajaran, oleh karena itu dipilahlah metode demonstrasi berbantuan media rotatoon yang diharapkan dapat membantu kendala siswa dalam belajar. Berdasarkan temuan tersebut maka disusunlah rumusan masalah penelitian yaitu: (1) bagaimanakan proses penerapan metode demonstrasi berbantuan media rotatoon yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember tahun pelajaran 2014/2014, dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA dalam menceritakan peristiwa di SDN Mangli 01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut , maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses penerapan metode pembelajaran berbantuan media rotatoon yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015, dan (2) meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan metode demonstrasi berbantuan media rotatoon. ix Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart (Adaptasi Depdiknas). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan metode demonstrasi berbantuan media rotatoon dilaksanakan melalui tiga prosedur pembelajaran berbicara yaitu tahap prabicara, berbicara, dan pascabicara. Kemudian demonstrasi dilaksanakan melalui tiga langkah demonstrasi, yaitu langkah pembukaan demonstrasi, pelaksanaan demonstrasi, dan mengakhiri demonstrasi. proses pnerapan metode dmonstrasi terdiri atas membuka dmonstrasi yaitu dengan menyampaikan tema cerita, selanjutnya pelaksanaan demonstrasi dilakukan siswa secara bergantian dengan menceritakan kembali hasil kerjanya dengan bantuan media rotatoon, dan mengakhiri demonstrasi dengan menyampaikan pendapatnya terhadap demonstrasi temannya. Peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember terbukti dari hasil belajar siswa siklus I meningkat sebesar 30,56% dari prasiklus, dan meningkat pada siklus II sebesar 22,22% dari siklus I. Sementara itu rata-rata nilai prasiklus sebesar 70.13 meningkat pada siklus I sebesar 75,77 dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 83,64. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi berbantuan media rotatoon dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru-guru hendaknya menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi siswa agar kemampuan berbicara siswa dapat meningkat, maupun pada pembelajaran lainnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.titlePenerapan Metode Demonstrasi Berbatuan Media Rotatoon untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Menceritakan Peristiwa pada Siswa Kelas IIIA SDN Mangli 01 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record