Show simple item record

dc.contributor.authorNOVITA ARISANDI
dc.date.accessioned2013-12-09T02:55:29Z
dc.date.available2013-12-09T02:55:29Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6474
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Pecoro 02 Kec.Rambipuji Kab. Jember. (b) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pecoro 02 kelas III yang terdiri dari 30 siswa, 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research ) sebanyak tiga putaran.setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rencana, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas III SDN Pecoro 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2010 /2011. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (26,7 % ), siklus I (40 % ), dan siklus II (80 % ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Pecoro 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2010 / 2011, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274036;
dc.subjectIlmu Pengetahuan Alam, Metode Demonstrasien_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ENERGI DAN KEGUNAANNYA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS III SDN PECORO 02 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record