Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Sub Pokok Bahasan Trapesium Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversity

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dian Kurniati
dc.contributor.author Wisas Yuan Isvina
dc.contributor.author Titik Sugiarti
dc.contributor.author Dian Kurniati
dc.date.accessioned 2015-10-12T01:33:50Z
dc.date.available 2015-10-12T01:33:50Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64196
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas VII-C SMP Negeri 1 Jember dalam memecahkan masalah sub pokok bahasan trapesium berdasarkan tahapan Wallas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 36 orang. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu lembar jawaban siswa mengenai soal tes pemecahan masalah matematika dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII-C dengan masing-masing subjek yaitu S1 (Siswa dengan kategori AQ tinggi), S2 (Siswa dengan kategori AQ sedang), dan S3 (Siswa dengan kategori AQ rendah) dapat menyelesaikan tes pemecahan masalah sesuai dengan tahapan proses berpikir kreatif (tahap Wallas) yang sudah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing subjek berbeda dalam proses mengerjakannya. Siswa dengan AQ tinggi (climber) banyak menunjukkan adanya karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori climber, siswa dengan AQ sedang (camper) cenderung menunjukkan beberapa karakteristik berpikir kreatif yang lebih sesuai dengan kategori peralihan dari quitter menuju camper, dan siswa dengan AQ rendah (quitter) tidak menunjukkan karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori quitter. en_US
dc.publisher UNEJ en_US
dc.subject Adversity Quotient en_US
dc.subject berpikir kreatif en_US
dc.subject pemecahan masalah matematika en_US
dc.subject proses berpikir kreatf en_US
dc.subject tahapan Wallas en_US
dc.title Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Sub Pokok Bahasan Trapesium Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversity en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account