Show simple item record

dc.contributor.authorSri Wahyuni
dc.contributor.authorMuhtadi Irvan
dc.contributor.authorNuriman
dc.date.accessioned2015-10-07T07:05:51Z
dc.date.available2015-10-07T07:05:51Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64116
dc.description.abstractPembelajaran IPA diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri-sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar memahami alam sekitar secara ilmiah. Metode eksperimen merupakan contoh metode yang sesuai dengan pembelajaran IPA karena mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitas secara optimal. Siswa diberi kesempatan untuk menyusun sendiri konsep-konsep dalam struktur kognitifnya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 27 siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Skor tes siswa berupa nilai hasil dokumentasi nilai ulangan harian dan nilai tes akhir tiap siklus yang dianalisis dengan menggunakan rumus aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisis dengan rumus aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 65,1% pada siklus I dan 79% pada siklus II. Skor hasil belajar siswa diperoleh 61,4 pada siklus I dan 73,3 pada siklus II. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas dan belajar siswa. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan belajar siswa pada penerapan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectaktivitas siswaen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectmetode eksperimenen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelas (PTK)en_US
dc.titlePenerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Benda Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record