Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scramble Susun Paragraf Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Akhdina, Ara
dc.contributor.author Satrijono, Hari
dc.contributor.author Suhartiningsih
dc.date.accessioned 2015-10-05T08:08:43Z
dc.date.available 2015-10-05T08:08:43Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63963
dc.description.abstract Tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, baik lisan (menyimak dan berbicara) maupun tulisan (menulis dan membaca).Membaca merupakan memahami isi dari bacaan, sehingga pemahaman merupakan faktor yang sangat penting dalam keterampilan membaca. Kenyataan di lapangan kegiatan membaca kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut karena kurang adanya variasi dalam kegiatan membaca. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian dengan menggunakan teknik scramble susun paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember Pembelajaran bahasa Indonesia melalui teknik scramble susun paragraf digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember. Penerapan teknik scramble susun paragraf yaitu dengan memberikan bacaan yang paragrafnya telah diacak sebelumnya. Siswa diminta untuk mengurutkan dan menentukan kalimat utama serta ide pokok masing-masing paragraf. Pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Badean 01 Jember. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Berdasarkan hasil analisa diperoleh data sebagai berikut; pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 41,46%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 53,66%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 80,49%. en_US
dc.publisher UNEJ en_US
dc.relation.ispartofseries ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subject membaca pemahaman en_US
dc.subject teknik scramble susun paragraf en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scramble Susun Paragraf Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account