Show simple item record

dc.contributor.authorNuri Rizki Setiawan
dc.contributor.authorSuratno
dc.contributor.authorPujiastuti
dc.date.accessioned2015-10-01T01:51:24Z
dc.date.available2015-10-01T01:51:24Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63710
dc.description.abstractGroup to Group Exchange dengan Concept Map adalah strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengali, menemukan, memahami dan mendeskripsikan suatu pengetahuan/konsep dengan menggunakan gagasan kreatif siswa. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar biologi pada kelas XI IPA 3 Sekolah Menengah Negeri 1 Jenggawah Jember. Indikator keterampilan berpikir kreatif ada 4 yaitu kefasihan, keluwesan, orisinalitas dan penjabaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada aspek kefasihan 13,51%, keluwesan 18,25%, orisinalitas 27,03%, dan penjabaran 20,95%, adapun hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 11,6, hasil belajar afektif meningkat sebesar 9,68 dan ketuntasan hasil belajar 35,13%. Kesimpulan dari penelitian ini, penerapan strategi pembelajaran Group-to-Group Exchange dengan Concept Map dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa,en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectGroup to Group Exchangeen_US
dc.subjectConcept Mapen_US
dc.subjectketerampilan berpikir kreatifen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectketuntasan hasilen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE(GGE) DENGANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [983]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record