Show simple item record

dc.contributor.authorMaulinda Fitri Septianingrum
dc.contributor.authorSusi Setiawani
dc.contributor.authorNurcholif Diah.S.L
dc.date.accessioned2015-09-29T00:49:07Z
dc.date.available2015-09-29T00:49:07Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63643
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika pada siswa kelas XI MIA-G di SMA Negeri 1 Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa dan wawancara. Soal yang diberikan kepada siswa adalah soal pengajuan masalah (problem posing). Lembar tes akan di analisis berdasarkan 3 kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam mengajukan masalah matematika. Penentuan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif siswa (TKBK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 tingkat yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3(kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), TKBK 0 (tidak kreatif). Subjek penelitian dipilih masing-masing 2 siswa dari siswa berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang, dan berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 2 siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada TKBK 4 dan TKBK 2. Siswa yang berada pada TKBK 4 memenuhi semua kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan sedangkan siswa yang bearda pada TKBK 2 memenuhi kefasihan dan fleksibilitas. 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang berada pada TKBK 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi satu kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, dan 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah berada pada TKBK 0 karena tidak memenuhi semua kriteria berpikir kreatif.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTingkat Kemampuan berpikir kreatifen_US
dc.subjectPengajuan masalahen_US
dc.subjectKefasihanen_US
dc.subjectFleksibilitasen_US
dc.subjectKebaruanen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengajukan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematikaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record