Show simple item record

dc.contributor.authorGathut Limardani
dc.contributor.authorDinawati Trapsilasiwi
dc.contributor.authorArif Fatahillah
dc.date.accessioned2015-09-25T07:55:30Z
dc.date.available2015-09-25T07:55:30Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63592
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesulitan, persentase tingkat kesulitan, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan, dan persentase pengaruh kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan teori pemahaman Skemp pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 4 Jember baik dari siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, angket, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 4 Jember. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain data dari tes pendahuluan, tes 1, angket, dan wawancara. Soal pada tes 1 dikorelasikan dengan indikator pemahaman menurut Skemp yaitu ketika siswa masuk pada pemahaman relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar antara lain kesulitan dalam menuliskan pengertian suku, variabel, dan konstanta dengan persentase 69,7%; kesulitan dalam menentukan variabel dengan persentase 22,2%; kesulitan dalam menentukan koefisien dengan persentase 19,7%; kesulitan dalam menentukan konstanta dengan persentase 9,1%; kesulitan dalam membuat model matematika dengan persentase 45,5%; kesulitan dalam memberikan contoh lain dengan persentase 3,0%; kesulitan dalam menyatakan bentuk operasi aljabar ke bentuk operasi aljabar lainnya dengan persentase 30,3%; kesulitan dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan operasi aljabar dengan persentase 47,0%; kesulitan dalam menuliskan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep dengan persentase 63,6%; dan kesulitan dalam mengoperasikan berbagai permasalahan aljabar yang melibatkan syarat perlu dan syarat cukup dengan persentase 44,4%.  Kesulitan terbesar yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam menuliskan pengertian suku, variabel, dan konstanta. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar antara lain faktor intern (minat, motivasi, bakat, intelegensi) dan faktor ekstern (keluarga, guru, sekolah). Faktor tertinggi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar adalah faktor ekstern yang berasal dari guru dengan persentase pengaruh sebesar 44,7%.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkesulitan, pemahaman Skemp, aljabar.en_US
dc.subjectkesulitanen_US
dc.subjectpemahaman Skempen_US
dc.subjectaljabaren_US
dc.titleAnalisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record