Show simple item record

dc.contributor.authorFajar Rivi Jannati
dc.contributor.authorPujiastuti
dc.contributor.authorJekti Prihatin
dc.date.accessioned2015-09-23T02:03:37Z
dc.date.available2015-09-23T02:03:37Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63567
dc.description.abstractSalah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Giuided Inquiry dengan metode Pictorial Riddle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle pada pelajaran biologi siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Desain  penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar Biologi. Rata- rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 52,48, siklus 1 sebesar 64,8 dan siklus 2 sebesar 76,48. Peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 24%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif prasiklus sebesar 8,82%, meningkat menjadi 52,94% pada siklus 1, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus 2 meningkat menjadi 85,29%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 76,47%. Rata-rata kelas hasil belajar afektif siklus 1 sebesar 78,82 meningkat menjadi 83,9 pada siklus 2. Rata-rata aspek psikomotorik semakin meningkat juga dengan persentase 82,17% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88,11% pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa Guided Inquiry dengan metode Pictorial Riddle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel pembelajaran Guided inquiryen_US
dc.subjectmetode Pictorial Riddleen_US
dc.subjectaktivitas belajaren_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record