| dc.description.abstract | Pesatnya  dunia  pendidikan  saat  ini,  menuntut  adanya  pemberdayaan  keterampilan  yang  dapat  mengkonstruk  suatu
pengetahuan, sebagai salah satu cara menyesuaikan diri menghadapi zaman yang semakin maju melalui bahan ajar dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan hasil uji coba LKS biologi berbasis PQ4R
yang dapat  mengembangkan metakognisi dan hasil   belajar (sub pokok bahasan sistem saraf manusia di MAN 2 Jember
tahun pelajaran 2014/2015 ).  Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilanjutkan dengan uji produk.
Metode  pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  data  validitas,  pengukuran  metakognisi,  dan  tes.  Rancangan
penelitian ini menggunakan pretest – posttest non equivalen group design , subjek penelitian dipilih dengan menggunakan
teknik  purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta Uji  Paired
Sample t-test.  Hasil analisis data menunjukkan LKS biologi berbasis PQ4R dapat meningkatkan metakognisi dan hasil
belajar pada sub pokok bahasan sistem saraf manusia di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2014/2015 | en_US |