Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Kelas V di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Galuh Windari Putri, Putri
dc.contributor.author Sihono
dc.contributor.author Imam Muchtar, Muchtar
dc.date.accessioned 2015-08-31T04:13:46Z
dc.date.available 2015-08-31T04:13:46Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63264
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, aktivitas belajar siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, dan hasil belajar siswa kelas V masih tergolong dalam kategori cukup, perlu ditingkatkan menjadi skor hasil belajar yang tergolong sangat baik. Dari latar belakang tersebut rumusan maslah yang diteliti adalah bagaimana model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 21 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) selama dua siklus. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai hasil yang cukup baik dengan skor aktivitas belajar siswa kategori sedang mencapai 14,29%, kategori aktif mencapai 85,71%, kategori sangat aktif 0%. Aktivitas belajar siswa siklus II kategori sedang 0%, kategori aktif mencapai 47,62%, dan kategori sangat aktif mencapai 52,38%. Aktivitas belajar siswa kategori sangat aktif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 52,38%. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I kategori kurang baik mencapai 9,52%, kategori cukup baik mencapai 38,10%, kategori baik mencapai 19,05%, kategori sangat baik mencapai 33,33%. Hasil belajar siswa siklus II kategori kurang baik mencapai 4,76%, kategori cukup baik mencapai 4,76%, kategori baik mencapai 38,04%, kategori sangat baik mencapai 52,39%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada ketegori sangat baik mengalami peningkatan sebesar 19,06%. en_US
dc.publisher UNEJ en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject aktivitas belajar en_US
dc.subject model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT), en_US
dc.subject penerapan en_US
dc.title Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Kelas V di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account