Show simple item record

dc.contributor.authorBibit Dewi Windari, Bibit
dc.contributor.authorJekti Prihatin, Jekti
dc.contributor.authorSuratno, Suratno
dc.date.accessioned2015-08-21T02:03:10Z
dc.date.available2015-08-21T02:03:10Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63091
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs negeri kencong Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mencakup planning, action, observasi, dan reflection. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII U MTs Negeri Kencong Jember yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.Aspek motivasi ada empat kriteria yaitu attention, relevance, confidance, dan satisfaction. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila persentase hasil belajar siswa mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs Negeri kencong Jember. Hal ini terlihat dengan adanya kenaikan persentase motivasi belajar dari siklus I ke pasca siklus II. Pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 2,48 (7,80%), aspek relevance meningkat sebesar 2,67 (9,50%), aspek confidence meningkat sebesar 2,20 (7,97%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 1,98 (6,16%) dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 48,4% dari 29% pada siklus I menjadi 77,4%. Ranah kognitif meningkat sebesar 35,48% dari 45,16% pada siklus I menjadi 80,64% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectSAVIen_US
dc.subjectScramble,en_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Pendekatan SAVI(Somatic, Auditory, Visualization, Intectualy) Dikombinasikan dengan Model Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Kencong Jember.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record