Show simple item record

dc.contributor.authorWiwik Handayani
dc.date.accessioned2013-12-08T04:35:24Z
dc.date.available2013-12-08T04:35:24Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM080210204267
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6189
dc.description.abstractDalam pembelajaran IPA di SD Negeri Sukosari 02 Lumajang, khususnya pada kelas VI (Enam) masih terlihat penerapan pendidikan yang bersifat mengejar target yang berorientasi pada ujian akhir, sehingga dalam pembelajaran tersebut para siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa kurang mampu untuk memperkaya belajarnya dengan meningkatkan interaksi pada lingkungannya. Pemahaman dan pengetahuan terhadap dunia sekitarnya kurang terbentuk. Mereka belum bisa membangun pengetahuan dan kepercayaan dirinya, maupun kemampuan berinteraksi dengan berbagai individu atau kelompok yang beragam di masyarakat. Penerapan cara belajar seperti ini membuat siswa kurang bisa mengaplikasikan apa yang telah diperoleh di kelas ke dalam kehidupan nyata, karena banyak pembelajaran/materi IPA yang berhubungan secara langsung dengan kondisi nyata. Salah satu usaha yang belum diterapkan secara optimal, yaitu bagaimana memahami kedudukan pendekatan sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan belajar-mengajar. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka peneliti mencoba menerapkan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Sukosari 02 dengan tujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Sukosari 02 Lumajang dengan jumlah Siswa Sebanyak 22 ix Siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI ( Enam) dan guru kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 Lumajang, serta data yang mendukung untuk penyempurnaan penelitian ini. Rancangan penelitian yang digunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Untuk menganalisis data yang nantinya diperoleh peneliti menggunakan tabel peningkatan hasil belajar siswa dan persentase aktivitas belajar siswa guna mengetahui kemajuan siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204267;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR SISWA, PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILANen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record