Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Kurniasari
dc.date.accessioned2015-02-16T01:25:02Z
dc.date.available2015-02-16T01:25:02Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61334
dc.description.abstractFaktor psikologis sangat mempengaruhi proses pembelajaran, salah satunya adalah minat siswa. Apabila siswa berminat terhadap pelajaran fisika maka siswa akan senang dan tidak bosan jika mempelajari fisika. Untuk menumbuhkan minat siswa pada pelajaran fisika, maka dalam pembelajaran fisika sebaiknya menggunakan metode eksperimen. Dengan adanya eksperimen fisika, siswa akan dapat membuktikan teori-teori yang sudah ada. Hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah melakukan eksperimen fisika yang dilaksanakan di laboratorium fisika. Sedangkan minat siswa masuk jurusan IPA adalah penempatan siswa pada bidang studi IPA yang dilandasi dengan rasa senang tanpa paksaan dari orang lain. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) adakah hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA? (2) berapa prosentase hubungan antara basil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA?. Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A (2) untuk mengetahui prosentase hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment dan rumus prosentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA sebesar 0,526 dengan prosentase sebesar 96,746% yang artinya prosentasenya sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika mempengaruhi minat siswa masukjurusan IPA.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectHUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EKSPERIMEN FISIKA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DENGAN MINAT SISWA MASUK JURUSAN IPAen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EKSPERIMEN FISIKA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DENGAN MINAT SISWA MASUK. JURUSAN IPA (Stude Korelasi Siswa Kelas II4 Sampai II8 Cawu 3 dl SMU Negerl 2 Jember Tahun PelaJaran 2001/ 2002 )en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record