Show simple item record

dc.contributor.authorFitri Astuti
dc.date.accessioned2015-02-04T01:48:45Z
dc.date.available2015-02-04T01:48:45Z
dc.date.issued2015-02-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61243
dc.description.abstractDalam pembelajaran IPA khususnya fisika, siswa tidak cukup hanya mendengar dan mencatat apa yang diinformasikan guru, tetapi siswa harus mampu menetjemahkan suatu konsep fisika dan persoalan-persoalan fisika kemudian dipecahkan dengan menerapkan rumus yang sesuai dengan persoalan. Pembelajaran fisika seringkali menimbulkan pemahaman siswa terutama SMU cenderung kearah pemikiran yang abstrak, sehingga terkesan fisika adalah pelajaran yang su1it dan membosankan, untuk itu didalam pelajaran fisika sebaiknya tidak hanya menggunakan metode ceramab. tetapi dengan metodemetode yang menggugah siswa agar berperan aktif. Dalam hat ini diperlukan usaha guru untuk meningkatkan kualitas PBM dan adanya kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, dengan cara membi.na dan mengembangkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki siswa. Dimana salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas tersebut dengan menggunakan metode tugas meresume. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan pemberian tugas meresume dalam pembelajaran fisika. Sedangkan hipotesis dalam penc\itian ini adalah adanya peningkatan hasil bclajar siswa dengan pemherian tugas meresume dalam pembelajaran fisika. Penetitian ini dilaksanakan di SMUN 2 Bondowoso kelas r cawu 1 tahun ajaran 2000/2001. Usaba untuk menentukan jawaban permasalahan diawah deng<m -penentuan responden penelitian,mengadakan pre-tes sebelurn PBM,memberikan tugas meresume, mempresentasikan hasil resume olch siswa, mengadakan tanya jawab, menetapkan kesimputan , mengadakan post-tes dan menganalisa data denga mneggunakan uji t-tes dan mencari efektifitasnya. Adapun hasil analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas meresume mampu meningkatkan hasil belajar fisika dan memilikj nilai efektivitas yang cukup efektif sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Penulis mengharapkan sebaiknya perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk penggabungan metode pemberian tugas meresume dengan metode pembelajaran lain.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPEMBERIAN TUGAS MERESUME DALAM PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titlePEMBERIAN TUGAS MERESUME DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus Kelas I Cawu I di SM U Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2000/2001)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record