Show simple item record

dc.contributor.authorInsas Bhudi Cahvana HS
dc.date.accessioned2015-01-26T07:12:49Z
dc.date.available2015-01-26T07:12:49Z
dc.date.issued2015-01-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61052
dc.description.abstractUsaha untuk menemukan masalah diawali dengan mengkaji teori yang kemudian dirumuskan bipotesisnya. Di dalam hipotesis yang pertama ada perbedaan penggunaan media asli dengan media OHP terhadap hasil belajar biologi. Sedang bipotesis yang kedua hasil belajar biologi yang diajar menggunakan media asli lebih baik daripada media OHP. Data diperoleh dari 84 orang siswa. Kelas II-7 sebanyak 42 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas 11- 8 sebanyak 42 orang sebagai kelas kontrol. Sebelum penelitian dilaksanakan, yaitu menghomogenitaskan responden dahulu. Untuk mengetahui homogenitas responden dengan cara mendata hasil ulangan bab panca indra kelas ll cawu Ill dari guru biologi kelas II SMU N 2 Jember. Hasil analisis data diperoleh 0,63 yaitu dengan cara menggunakan analisis varians. Dari perhitungan diketahui bahwa F tabel pada taraf signifikansi 5% scbesar 1,94 dan taraf signifikasi l% sebesar 2,91. Dengan demik.ian F hitung iebih kecil dibandingkan F tabel, sehingga responden dalam keadaan homogen. Selanjutnya responden diberi perlakuan. Kelas 11-7 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media OHP dan kelas ll-8 sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan media asli. Setelah diberikan pra-tes dan pasca tes, diketahui t hitung sebesar 4,53. Sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 1,98 dan taraf signifikansi l % sebesar 2,62. Hal ini berarti t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang nyata dalam hal basil kemampuan belajar siswa antara pengajaran yang menggunakan media asli dengan media OHP. Kemudian kalau dilihat nilai mean dari rata-rata pasca tes dikurangi prates pada kelas Il-7 dan ll-8 didapat 13,45 untuk kelas 11-8 dan 9,28 untuk kelas ll-7. Dengan demikian nilai mean untuk kelas ll-8 yang menggunakan media asli lebih besar dibandingkan kelas ll-7 yang menggunakan media OHP. Sehingga pengajaran biologi konsep sistem reproduksi yang menggunakan media asli lebih baik dibandingkan media OHP.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPERBEDAAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DENGAN MEDIA OHPen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DENGAN MEDIA OHP 01 SMU NEGERI 2 JEMBER PADA KONSEP SISTEM REPROOUKSI KELAS II CAWU Ill TAHUN PELAJARAN 1999/2000en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record