Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Syahroni
dc.date.accessioned2014-11-03T04:39:33Z
dc.date.available2014-11-03T04:39:33Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210101061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59914
dc.description.abstractPada penelitian ini dilakukan analisis terhadap soal khususnya di bidang geometri pada buku matematika kelas VII kurikulum 2013 berdasarkan tingkat berpikir teori van Hiele. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan deskriptor tingkat berpikir teori van Hiele yang awalnya penilaian terhadap siswa dikembangkan menjadi penilaian terhadap soal atau pertanyaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Waktu penelitian mulai dari mengklasifikasi soal dan analisis soal dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2014. Hasil penelitian menunjukkan 3,26% soal berada pada tingkat visualisasi, 80,93% soal berada pada tingkat analisis, 12,56% soal berada pada tingkat deduksi informal, dan 3,26% berada pada tingkat deduksi. Dari hasil tersebut maka persentase pertanyaan geometri pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 ini, kurang sesuai jika diberikan pada siswa SMP kelas VII. Hal ini dikarenakan tingkat soal yang disajikan pada buku siswa Matematika Kurikulum 2013 tidak sesuai dengan tingkat berpikir siswa sehingga secara psikologis siswa merasa kesulitan dalam belajar. Soalsoal yang diperlukan untuk siswa kelas VII SMP adalah tingkat visualisasi, tingkat analisis dan tingkat deduksi informal belum diperlukan untuk soal-soal yang sudah berada pada tingkat deduksi. Pada buku siswa yang diteliti ini, terdapat soal pada tingkat visualisasi, tingkat analisis dan tingkat deduksi informal bahkan sudah mencapai tingkat deduksi, sehingga dapat dikatakan bahwa buku tersebut kurang baik untuk kelas VII. Hal ini dikarenakan tingkatan soal yang disajikan pada buku ini terlalu jauh di atas tingkat berpikir siswa, maka akan sangat menyulitkan siswa dan terasa dipaksakan untuk siswa di keas VII.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101061;
dc.subjectGeometri, Berpikir van Hieleen_US
dc.titleANALISIS SOAL GEOMETRI PADA BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELEen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record