Show simple item record

dc.contributor.authorRate Rusmala Sari
dc.date.accessioned2014-11-03T03:42:03Z
dc.date.available2014-11-03T03:42:03Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210102053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59899
dc.description.abstractHasil analisis data dari tujuan penelitian pertama menggunakan analisis deskriptif diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 83,22%, pada pertemuan kedua dan ketiga diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 89,89% dan 91,01%.Persentase aktivitas siswa secara klasikal diperoleh sebesar 88,04%, apabila persentase aktivitas siswa tersebut disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa, maka aktivitas tersebut termasuk dalam kriteria sangat aktif. Hasil analisis data dari tujuan penelitian kedua menggunakan Independent- Sample T-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan efektifitas pembelajaran antara kelas yang diajar dengan menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dimana efektifitas pembelajaran antara kelas yang diajar menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis lebih baik dibandingkan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil analisis data dari tujuan penelitian ketiga Independent-Sample T-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dimana hasil belajar fisika siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis lebih baik dibandingkan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102053;
dc.subjectModel Pembelajaran CLIS, Orientasi, Observasi Gejala Fisisen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN ORIENTASI MELALUI OBSERVASI GEJALA FISIS DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record