Show simple item record

dc.contributor.authorAlfianita Imansari
dc.date.accessioned2014-10-31T02:27:51Z
dc.date.available2014-10-31T02:27:51Z
dc.date.issued2014-10-31
dc.identifier.nimNIM100210302076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59828
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XH MAN 2 Jember, sejumlah 36 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah. Peningkatan kreativitas pada siklus 1 = 65,79%, meningkat 10,81% dari kreativitas pra siklus 59,37%, pada siklus 2 = 73,09% meningkat 11,09% dari kreativitas siklus 1, pada siklus 3 = 76,90% meningkat 5,21% dari kreativitas siklus 2. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 = 74,88, meningkat 4,77% dari hasil belajar kognitif pra siklus 71,47, pada siklus 2 = 78,33 meningkat 4,60% dari hasil belajar kogitif siklus 1, pada siklus 3 = 80,55 meningkat 2,83% dari hasil belajar kogitif siklus 2. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1, pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotorik memperoleh persentase klasikal 63,19%, pada siklus 2 persentase klasikal sebesar 73,14% sehingga meningkat 15,74%, pada siklus 3 memperoleh persentase klasikal sebesar 79,16% meningkat 8,23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran Brainstorming pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas XH MAN 2 Jember; (2) penerapan metode pembelajaran Brainstorming pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XH MAN 2 Jember. Peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302076;
dc.subjectMetode Pembelajaran Brainstorming, Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XH MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record