Show simple item record

dc.contributor.authorCintia Riskarima R.
dc.date.accessioned2013-12-07T03:15:42Z
dc.date.available2013-12-07T03:15:42Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM040210101369
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5909
dc.description.abstractPelaksanaan pembelajaran bilingual menuntut siswa untuk memahami dan menggunakan matematika yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari dan juga dalam bentuk bahasa yang berbeda. Sementara itu, kemampuan guru dalam mengajarkan matematika menggunakan bahasa Inggris terkesan tidak dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Dari data raport semester ganjil kelas VIIA menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan antara rata-rata nilai matematika pada raport reguler dan bilingual yaitu sebesar 9,02, dengan rata-rata nilai matematika pada raport reguler sebesar 84,63 sementara pada raport bilingual hanya mencapai 75,61. Kondisi tersebut menuntut pengelolaan pembelajaran yang baik agar diperoleh hasil belajar yang maksimal dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan memberikan latihan soal menggunakan media permainan SLP (Snakes and Ladders Plus) yang dilakukan secara berkelompok (kooperatif). Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika bilingual kooperatif dengan media SLP; 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika bilingual kooperatif dengan media SLP; dan 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran matematika bilingual kooperatif dengan media SLP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember dengan responden siswa kelas VIIA semester genap tahun ajaran 2009/2010 pada subpokok bahasan segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain dan prosedur tindakan yang mengadaptasi dari model Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Prelim Cintia Riskarima R. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika bilingual kooperatif dengan media SLP pada subpokok bahasan segiempat kelas VIIA SMP Negeri 1 Jember pada siklus I dengan persentase 76,99% tergolong dalam kategori cukup aktif dan pada siklus II dengan persentase 90,54% tergolong dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Jember pada pembelajaran matematika bilingual kooperatif dengan media SLP pada subpokok bahasan segiempat mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu pada siklus I sebesar 74,00 dan siklus II sebesar 86,45. Selain itu, persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 74,19% dan siklus II sebesar 83,87%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101369;
dc.subjectMedia SLP (Snakes and Ladders Plus) pada Subpokok Bahasan Segiempaten_US
dc.titlePEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL KOOPERATIF DENGAN MEDIA SLP (SNAKES AND LADDERS PLUS) PADA SUBPOKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VIIA SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record