Show simple item record

dc.contributor.authorChristsandy Gunawan
dc.date.accessioned2013-12-07T02:56:58Z
dc.date.available2013-12-07T02:56:58Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM060210201320
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5899
dc.description.abstractHomeschooling merupakan pendidikan alternatif yang menggunakan sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah, dengan menempatkan peran serta keluarga atau orang tua sebagai penyelenggara. Model pembelajaran homeschooling yang menempatkan peserta didik atau anak sebagai subyek, dianggap mampu meningkatkan mental mandiri pada anak. Penelitian ini menemukan masalah bagaimanakah model pembelajaran Homeschooling dalam meningkatkan kemandirian anak di Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah model pembelajaran homeschooling dalam meningkatkan kemandirian anak di Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi pada model pembelajaran homeschooling di Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember dalam upaya meningkatkan kemandirian pada anak. Kemandirian pada anak dilihat dari tanggung jawab, pengendalian emosi, percaya diri dan pandai bergaul. Daerah penelitian yang digunakan adalah Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia yang ada di Jalan Danau Toba V No.13 Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember berdasarkan metode purposive. Informan kunci dalam penelitian ini adalah peserta didik Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia dengan menggunakan metode purposive yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Informan pendukungnya adalah pengurus Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia, tutor Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia dan orang tua peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitarif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan homeschooling tunggal yang diselenggarakan Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia menggunakan model school athome, maka kemandirian anak dapat meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210201320;
dc.subjectHOMESCHOOLING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAKen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Di Lembaga Pendampingan Belajar Dan Homeschooling Chubby Education Indonesia Jember Tahun 2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record