Show simple item record

dc.contributor.authorSumarjono
dc.date.accessioned2014-06-03T03:12:47Z
dc.date.available2014-06-03T03:12:47Z
dc.date.issued2014-06-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57759
dc.description.abstractIndikator keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai UN dengan baik, di mana rata-rata nilai UN kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 2011 dapat diketahui bahwa pada 9 mata pelajaran UN untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai <60). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa adalah mengembangkan Medel Pembelajaran SIBOMBER (SIap Belajar Optimal Mandiri dan BERhasil) Cerdas berdasarkan paradigma konstruktivistik dan psikologi kognitif dengan alternatif yang meliputi: 1) Tipe SIBOMBER Relakas; 2) Tipe Sibomber Menyeleseikan Masalah secara Cerdas (MMC) dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap kompetensi mata pelajaran ujian nasional. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan Penerapan Model Pengembangan Mutu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) menerapkan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran UN di sub wilayah Jawa Timur 3, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) Program Training of Trainers (ToT) pada 9 Guru model 9 matapelajaran UN, (3) Program Penerapan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran UN, dan (4) Program Pengukuran efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Luaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajaran yang terverifikasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPM-PMP, Medel Pembelajaran SIBOMBER (SIap Belajar Optimal Mandiri dan BERhasil) secara Cerdasen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIBOMBER CERDAS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI MATA PELAJARAN UJIAN NASIONALDI KABUPATEN BONDOWOSO SITUBONDO BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record