Show simple item record

dc.contributor.authorPandu Setyowidi
dc.date.accessioned2014-04-23T01:56:26Z
dc.date.available2014-04-23T01:56:26Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM080210192013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57324
dc.description.abstractData miskonsepsi fisika siswa diperoleh dari skor rata-rata post-test miskonsepsi. Dalam soal miskonsepsi ini ada 10 soal pilihan ganda disertai dengan alasan atau keterangan. Indikator yang digunakan sesuai dengan indikator RPP peneliti dengan sistem penilaian skoring. Apabila jawaban benar dan alasan benar skor 0 (nol). Jawaban salah, alasan benar skor 1 (satu). Jawaban benar, alasan salah skor 3 (tiga). Sedangkan jawaban salah, alasan juga salah maka skor 5 (lima). Skor rata-rata miskonsepsi fisika siswa kelas eksperimen adalah 8,096 sedangkan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 14,419. Dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0005 yang menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa diperoleh dari nilai post-test dengan 18 soal pilihan ganda tanpa ada alasan atau keterangan. Tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata klasikal nilai hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen adalah 72,04 dan untuk kelas kontrol sebesar 64,7. Analisis data hasil belajar fisika siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap penurunan miskonsepsi fisika siswa kelas XI di SMK Farmasi Jember, (2) Model Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMK Farmasi Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192013;
dc.subjectModel Learning Cycle 5E, Metode Eksperimen, Miskonsepsi Fisikaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK FARMASI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record