Show simple item record

dc.contributor.authorETIK KHOIRUN NISA
dc.date.accessioned2014-04-23T01:43:35Z
dc.date.available2014-04-23T01:43:35Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210102023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57315
dc.description.abstractBerdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa selama menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA tergolong kategori aktif, yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 71,1%. Aktivitas belajar siswa yang paling sering muncul adalah melakukan percobaan dan bertanya yaitu sebesar 74,2% dan 72,6%. Rumusan masalah yang kedua yaitu pengujian hipotesis penelitian menggunakan Paired Sample T-test diperoleh hasil analisis nilai Sig. = 0,000. Sedangkan kriteria yang ada ialah H0 ditolak jika nilai Sig.< 0,05. Hal ini berarti H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA pada tema aliran energi dalam ekosistem berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas belajar siswa selama menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA di SMP termasuk dalam kategori aktif, dan (2) ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA di SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102023;
dc.subjectModel Inkuiri, Tipe Integrated, Pembelajaran IPAen_US
dc.titleMODEL INKUIRI DENGAN TIPE INTEGRATED PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record